Pelaksanaan Wewenang Ombudsman Nusa Tenggara Timur Dalam Pengawasan Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Prima

Detail Cantuman

Skripsi

Pelaksanaan Wewenang Ombudsman Nusa Tenggara Timur Dalam Pengawasan Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Prima

XML

Rendahnya kepatuhan pada standar pelayanan sangat berpengaruh besar bagaimana penyelenggaraan pelayanan publik itu baik atau buruk. Hal tersebut dapat dinilai efektivitasnya, efesiensinya dan sudah memenuhi harapan masyarakat atau belum baik dari sisi objektivitasnya maupun akuntabilitasnya. Oleh karena itu, penulis merumuskan masalah yakni: (1) Bagaimanakah pelaksanaan wewenang ombudsman Nusa Tenggara Timur dalam pengawasan pelayanan publik untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima? (2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengawasan pelayanan publik oleh Ombudsman Nusa Tenggara Timur?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, yang menganalisis permasalahan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum (data sekunder) dan data primer yang diperoleh dari lapangan. Data penelitian yang digunakan adalah kualitatif, disajikan secara deskriptif dengan menguraikan dan menjelaskan keadaan subjek dan objek yang erat dengan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan wewenang Ombudsman RI Perwakilan Nusa Tenggara Timur dalam pengawasan pelayanan publik terbagi menjadi dua pengawasan yang dilakukan yakni: (a). pengawasan preventif dan (b). pengawasan represif. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengawasan terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat.
Saran dari penulis, masyarakat perlu untuk berperan aktif dan ikut serta dalam mengawasi pelayanan publik dengan memberi laporan atau pengaduan apabila mendapati layanan buruk, tidak memberikan kepastian hukum. Kemudian Ombudsman perlu untuk memberi perhatian serius terhadap personil dan kapasitas skill Ombudsman NTT dan juga meningkatkan pengawasan kepada penyelenggara layanan.

Kata Kunci: Pelaksanaan Wewenang, Ombudsman, Pengawasan, Pelayanan Publik, faktor-faktor.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
GEMI NASTITI WARUWU - Personal Name
Student ID
1902010434
Dosen Pembimbing
YOHANES G TUBA HELAN - 196001101986011002 - Dosen Pembimbing 1
NORANI ASWANI - 197308082006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohanes Tuan - 196011291988031002 - Ketua Penguji
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Penguji 1
NORANI ASWANI - 197308082006042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 WAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA