TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP RESIDIVIS PENCURIAN SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS DI WILAYAH HUKUM KEPOLISAN RESOR KUPANG KOTA)

Detail Cantuman

Skripsi

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP RESIDIVIS PENCURIAN SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS DI WILAYAH HUKUM KEPOLISAN RESOR KUPANG KOTA)

XML

Perkembangan zaman bisa mempengaruhi kehidupan dalam bermasyarakat dimana membawa pengaruh positif dan juga pengaruh yang negatif yang ditandai dengan meningkatnya angka kejahatan dalam masyarakat. Ada pelaku kejahatan yang mengulangi kejahatan tersebut setelah pelaku bebas dari masa hukuman pidananya atau dikatakan residivis. Sebagai contoh kejadian pencurian yang dilakukan oleh Residivis di wilayah hukum Kepolisian Resor Kupang Kota.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah faktor penyebab residivis pencurian sepeda motor di wilayah hukum Kepolisian Resor Kupang Kota?, (2) Bagaimanakah modus operandi residivis pencurian sepeda motor di wilayah hukum Kepolisan Resor Kupang Kota Kota?, (3) Bagaimanakah upaya penanggulangan terhadap residivis pencurian sepeda motor di wilayah hukum Kepolisan Resor Kupang Kota?.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, penelitian hukum empiris mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai prilaku nyata (actual behavior), sebagai gejala sosial yang sifatnya tidak tertulis, yang dialami setiap orang dalam kehidupan bermasyarakat.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Faktor penyebab terjadinya residivis pencurian sepeda motor di wilayah hukum Kepolisan Resor Kupang Kota yaitu berupa: (a) Faktor Pendapatan/Penghasilan, (b) Faktor Lokasi Penyimpanan Sepeda Motor, (c) Faktor Kelalaian Korban. (2) Modus operandi residivis pencurian sepeda motor di wilayah hukum Kepolisan Resor Kupang Kota yaitu berupa: (a) Menggunakan Kunci T, (b) Mendorong Sepeda Motor dan Disembunyikan di Tempat Lain. (3) Upaya penanggulangan residivis pencurian sepeda motor di wilayah hukum Kepolisan Resor Kupang Kota yaitu berupa: (a) Upaya Preemtif, (b) Upaya Preventif, (c) Upaya Represif.
Saran yang dapat penulis sampaikan yakni: (1) Diharapkan aparat penegak hukum dalam hal ini pihak Kepolisan Resor Kupang Kota lebih aktif memberikan himbauan kepada masyarakat serta bekerjasama dengan pihak pemerintah terkait, (2) Diharapkan peran masyarakat, pemerintah, serta pihak Kepolisan Resor Kupang Kota agar lebih waspada serta berhati-hati agar tidak menimbulkan celah untuk terjadinya pencurian sepeda motor, (3) Diharapkan juga peran dari pemerintah Kota Kupang untuk memberikan Lapangan Pekerjaan bagi masyarakat, agar tuntutan ekonomi masyarakat terpenuhi sehingga meminimalisir terjadinya pencurian sepeda motor, serta (4) bagi pemilik sepeda motor, diharapkan untuk selalu mengunci stir motor, dan memasang alat GPS (Global Positioning System) pada sepeda motor agar dapat memantau pergerakan dari sepeda motor saat jauh dari kendali pemilik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Galang Aditya Setiawan - Personal Name
Student ID
1702010485
Dosen Pembimbing
RUDEPEL PETRUS LEO - 196406121990031003 - Dosen Pembimbing 1
HERYANTO AMALO - 196511301992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jimmy Pello - 195808311987040100 - Ketua Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Ketua Penguji
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Set. T
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA