Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu

XML

Pelayanan publik merupakan pelayanan yang menjadi tanggungjawab pemerintah kepada warganya, salah satu pelayanan pemerintah yaitu pembuatan E-KTP dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan serta keberlangsungan dalam menyediakan data kependudukan yang akurat dan terkini. Namun dalam pelaksanaanya masih terdapat persoalan yang menunjukkan adanya keluhan masyarakat tentang proses pelayanan pembuatan E-KTP seperti waktu pengurusan yang lama serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pelayanan pembuatan E-KTP yang berkualitas oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Belu? (2) Apakah hambatan yang dihadapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pembuatan E-KTP yang berkualitas di Kabupaten Belu?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris. Penelitian yuridis empiris adalah jenis penelitian hukum sosiologis atau penelitian secara lapangan, yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta yang telah terjadi didalam kehidupan masyarakat. Aspek-aspek yang akan diteliti pada penelitian ini lebih tepat diungkap melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu sudah cukup baik, namun masih terdapat beberapa indikator dimensi yang belum sepenuhnya terpenuhi seperti fasilitas pelayanan. (2) Hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu yaitu kurangnya sumber daya manusia, kesadaran masyarakat yang masih kurang, serta fasilitas pelayanan yang belum memadai menurut indikator Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati).

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Hambatan, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1902010331
Dosen Pembimbing
YORHAN YOHANIS NOME - 195902241986031002 - Dosen Pembimbing 1
NORANI ASWANI - 197308082006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Ketua Penguji
Yorhan Yohanis Nome - 195902241986031002 - Penguji 1
NORANI ASWANI - 197308082006042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LAD K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA