PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN BERTINGKAT NAIKOTEN

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN BERTINGKAT NAIKOTEN

XML

Rumusan Masalah Adalah: Bagaimana Peran Guru Peran Guru Dalam Meningkatkan Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Di SDN Bertingkat Naikoten? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru Peran Guru Dalam Meningkatkan Daya Serap Siswa Pada Matapelajaran Ipas Di SDN Bertingkat Naikoten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data menurut Milles dan Huberman yang terdiri dari 3 komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bertingkat Naikoten, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, peran guru sebagai Fasilitator dalam memberikan kemudahan belajar pada siswa,guru sangat membantu siswa yang kurang aktif dalam hal ini siswa yang daya serapnya kurang guru memberikan fasilitas belajar yang kreatif yang dapat membantu tingkat daya serap anak selain itu guru juga membantu siswa dengan pembelajaran praktik yang dibuat menarik dan kreatif dan juga guru menyiapkan sumber belajar yang kaya dimana bisa memacu siswa dalam rasa ingin tahu yang tinggi dalam belajar. Kedua peran guru sebagai pengajar dimana guru membina pengetahuan, sikap, dan ketrampilan siswa,dalam melakukan pendekatan – pendekatan dengan peserta didik guru akan mampu mengetahui seberapa jauh tingkat daya serap anak dalam hal ini anak yang tingkat daya serapnya kurang guru akan lebih menuntun siswa tersebut. Ketiga, peran guru sebagai edukator (pendidik) dimana peran ini lebih tampak sebagai teladan kepada peserta didik karena guru adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan bantuan kepada siswa dalam pengembangan baik fisik dan spiritual. Keempat peran guru sebagai inovator yang dimana melalui pembahasan penelitian sebagai nilai inovasi guru mengerakan kominitas belajar sendiri didalam kelas dengan menerapka pembelajaran model berdiferensiasi.Ini sangat membantu siswa karena sisa dikelompokan dalam kelompok. Sesuai dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan daya serap siswa sudah berjalan efektif. Sukses atau tidaknya peserta didik semua tergantung dari gurunya.
Kata Kunci : Peran Guru, Daya serap


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901140121
Dosen Pembimbing
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Koa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA