Pelaksanaan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa Dalam Pembentukan Peraturan Desa (Studi Tentang Pembentukan Peraturan Di Desa Umauta, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka)

Detail Cantuman

Skripsi

Pelaksanaan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa Dalam Pembentukan Peraturan Desa (Studi Tentang Pembentukan Peraturan Di Desa Umauta, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka)

XML

Badan Permusyawaratan Desa merupakan salah satu unsur dalam pemerintahan desa, yang diharapkan dapat membantu mewujudkan pembentukan dan pelaksanaan peraturan desa sesuai dengan aspirasi masyarakat. Rumusan masalah yakni: (1) Bagaimanakah pelaksanaan peran BPD dalam pembentukan peraturan desa di Desa Umauta, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka? (2) Apakah faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan peran BPD dalam pembentukan peraturan desa di Desa Umauta, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikkka? Penelitian ini merupakan penelitian empiris penelitian empiris yakni penelitian yang dilaksanakan melalui penelitian lapangan dengan melakukan wawancara terhadap 7 orang narasumber. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu menilai data yaang telah disajikan menurut peraturan perundang-undangan, teori para ahli disertai penalaran hukum penulisan yang logis berdasarkan bahan pustaka yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Peran BPD yaitu menyerap, menampung, menghimpun dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat guna terbentuknya peraturan desa belum berjalan dengan baik, dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini baru 2 kali BPD turun ke masyarakat untuk menampung aspirasi mereka dan itu juga belum ada satu pun peraturan desa yang dihasilkan. Padahal, inti dari tugasnya sebagai anggota BPD adalah menyerap, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat demi kesejahteraan dan keamanan di Desa. (2) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan peran BPD dalam pembentukan peraturan desa, yakni: (a) Faktor sumber daya manusia, (b) Faktor anggaran yang relatif rendah, (c) Sarana dan prasarana, (d) Kurangnya pemahaman teknis pembentukan peraturan desa yang belum dikuasai oleh semua anggota BPD.
Kata Kunci : Badan Permusyawaratan Desa, Pelaksanaan, Wewenang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOSEF TEDDY - Personal Name
Student ID
1802010108
Dosen Pembimbing
KOTAN Y STEFANUS - 196012271987021001 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Ketua Penguji
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Penguji 1
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 TED P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA