Motivasi Masyarakat Membeli Pakaian Bekas (Thrift Shop) di Kota Kupang (Studi Sosiologis Masyarakat Pengguna Facebook)

Detail Cantuman

Skripsi

Motivasi Masyarakat Membeli Pakaian Bekas (Thrift Shop) di Kota Kupang (Studi Sosiologis Masyarakat Pengguna Facebook)

XML

Judul penelitian ini adalah “Motivasi Masyarakat Membeli Pakaian Bekas (Thrift Shop) di Kota Kupang (Studi Sosiologis Masyarakat Pengguna Facebook)”. Jaringan sosial kini menjadi sarana komunikasi yang menciptakan fenomena baru dalam dunia ekonomi termasuk berbagai sarana periklanan, promosi untuk berinteraksi dan bertransaksi. Hal ini menjadi kekuatan baru dalam dunia ekonomi dimana dapat menekan biaya pemasaran tanpa mengurangi pendapatan bahkan pemasaran bisa lebih efektif. Facebook adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini, sehingga tidak mengherankan jika dapat menjadi peluang bisnis sekaligus alat pemasaran produk yang potensial sebagai toko serba ada secara online. Dunia telah berubah menjadi digital, salah satu fenomena pemasaran yang saat ini sedang melonjak tinggi yakni pemasaran Thrift shop atau toko pakaian bekas secara online melalui facebook. Saat ini penjualan pakaian bekas menjadi fenomena sosial dan merasuk kedalam hidup masyarakat, dengan memberikan kemudahan bagi penjual maupun pembeli sebagai konsumen untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan. Pakaian bekas menjadi sangat diminati masyarakat termasuk masyarakat Kota Kupang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa motif masyarakat membeli pakaian bekas thrift shop di Kota Kupang?” Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis motif masyarakat membeli pakaian bekas thrift shop di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan teori motivasi kebutuhan oleh Abraham H. Maslow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dan menggunakan teknik penentuan informan Insidental Sampling dengan cara pengambilan sampel yang tidak disengaja atau berdasarkan kebetulan dan peneliti merasa cocok sebagai sumber data. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang yang berbeda dari segi latar belakang pekerjaan yang dimiliki yakni ada seorang wirausaha, 4 orang wiraswasta, 3 mahasiswa dan 2 orang PNS yang bersedia menjadi informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi yang mendasari masyarakat tersebut termotivasi untuk membeli pakaian bekas thrift shop yang diketahuinya melalui facebook, yaitu: 1). Motvasi Kebutuhan Hidup Fisiologis,
(2) Motivasi Kebutuhan hidup sosial, (3) Motivasi Kebutuhan akan penghargaan, (4)Motivasi Kebutuhan hidup aktualisasi diri. Dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa semua faktor yang mendasari motif masyarakat membeli pakaian bekas bergantung pada kesanggupan dan kebutuhan hidup masing- masing orang. Saran peneliti kepada masyarakat sebagai konsumen pakaian bekas perlu adanya suatu sikap yang bijak dalam keputusan pembelian pakaian bekas untuk kebutuhan hidup bukan hanya keinginan dengan memperhatikan kelayakan pakaian tersebut.
Kata kunci : Motivasi, facebook, Pakaian bekas, Masyarakat


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1903030076
Dosen Pembimbing
LENNY SOFIA BIRE MANOE - 198009152005012003 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ser M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA