Tinjauan Kriminologis Tindak Pidana Penganiayaan Berat Terhadap Karyawati Kalbe Farma di Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Tinjauan Kriminologis Tindak Pidana Penganiayaan Berat Terhadap Karyawati Kalbe Farma di Kota Kupang

XML

ABSTRAK
Franklin Yulius Davidson Kalelena. “Tinjauan Kriminologis Tindak Pidana Penganiayaan Berat terhadap Karyawati Kalbe Farma di Kota Kupang.” Dibimbing oleh: Pembimbing I, Deddy R. Ch. Manafe dan Pembimbing II, Adrianus Djara Dima.
Kejahatan yang ada di masyarakat terdiri atas berbagai bentuk dan jenis, hal ini secara tegas diatur dalam Buku Kedua Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang kejahatan. Salah satu contoh kasus yang ada dimasyarakat saat ini adalah Tindak Pidana Penganiayaan Berat terhadap Karyawati Kalbe Farma Kupang.
Menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Amandemen IV Pasal 1 ayat (3) yang berbunyi “Negara Indonesia adalah negara hukum”, yang berarti Negara Indonesia berdasarkan atas hukum (Rechtstaat), tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka (Machstaat). Permasalahan pokok dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah faktor penyebab terjadinya tindak pidana penganiyaan berat terhadap karyawati Kalbe Farma di Kota Kupang? (2) Bagaimana upaya penangulangan yang dilakukan pihak kepolisian di Kota Kupang?.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang dilaksanakan di Kota Kupang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumen. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan di Polisi Sektor Kelapa Lima Kupang. Hasil pengolahan data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diketahui: (1) Faktor penyebab terjadinya tindak pidana penganiyaan berat terhadap karyawati Kalbe Farma yaitu, Faktor kesalahpahaman, Faktor konsumsi minuman keras yang berlebihan dan Faktor lingkungan. (2) Upaya penangulangan yang dilakukan pihak kepolisian yaitu, upaya preventif. Upaya kepolisan dalam penyuluhan hukum untuk kesadaran masyarakat agar mencegah terjadinya tindak pidana. Upaya represif. Upaya yang dilakukan pada saat telah terjadinya tindak pidana yang bersifat penindakan terhadap pelaku kejahatan.
Kata Kunci : Kriminologis, Penganiayaan, Faktor penyebab, Tindak pidana penganiayaan berat, Upaya penangulangan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1802010574
Dosen Pembimbing
Deddy R. CH. Manafe - 197102141998021001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANUS DJARA DIMA - 196604071990031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Darius A Kian - 197908272006041003 - Ketua Penguji
Deddy R. CH. Manafe - - Penguji 1
Adrianus Djara Dima - 196604071990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Kal T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA