Pengaruh Penambahan Tepung Daun Kelor (Moringa oleifera) Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelulushidupan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penambahan Tepung Daun Kelor (Moringa oleifera) Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelulushidupan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)

XML

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan komoditas unggulan serta potensial untuk dikembangkan. Selain itu, udang vaname memilki nilai ekonomi tinggi baik di pasar nasional maupun internasional. Selain mudah dibudidayakan, biota ini juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain pertumbuhannya yang cepat, daya tahan hidup lebih tinggi, padat tebar tinggi, serta waktu pemeliharaan yang relatif singkat yakni sekitar 90-100 hari per siklusnya. Produksi yang tinggi merupakan tujuan dari budidaya udang vaname. Daun kelor merupakan salah satu sumber protein nabati yang dapat ditambahkan dalam pakan udang vaname. Penambahan tepung daun kelor dalam pakan udang telah banyak diteliti. Selain mampu meningkatkan pertumbuhan, daun kelor juga dapat digunakan sebagai imnostimulan pada udang vaname. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penambahan tepung daun kelor (Moringa oleifera) dalam pakan yang optimal terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan udang vaname (Litopenaeus vannamei). Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan terhitung dari bulan Juli-Agustus tahun 2023 bertempat di UPT Laboratorium Lapangan Terpadu Lahan Kering Kepulauan (LLTKKL), Universitas Nusa Cendana Kupang. Rancangan yang digunakan dalam. Penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari empat perlakuan dan tiga ulangan,yaitu tanpa penambahan tepung daun kelor (kontrol), penambahan tepung tepung daun kelor sebanyak 10%, 15%, dan 20%. Parameter yang diukur meliputi pertumbuhan mutlak, pertumbuhan spesifik, tingkat kelulusdidupan udang vaname dan kualitas air.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan tepung daun kelor (Moringa oleifera) mampu meningkatkan pertumbuhan dan kelangsunganhidup udang vaname. Pertumbuhan terbaik diperoleh pada penambahan tepung daun kelor (Moringa oleifera) sebanyak 20% dengan pertumbuhan mutlak tertinggi sebesar 1,34 g, pertumbuhans pesifik sebesar 0,022 g%/hari, dan kelulushidupan pada setiap perlakuan sebesar 100%. Kualitas air selama penelitian masih dalam batas optimal untuk pemeliharaan udang vaname.
Kata kunci: Moringa oleifera, udang vaname, pertumbuhan, kelulushidupan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1813010080
Dosen Pembimbing
YUDIANA JASMANINDAR - 197511242000122002 - Dosen Pembimbing 1
Wesly Pasaribu - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yudiana Jasmanindar - 197511242000122002 - Ketua Penguji
WESLY PASARIBU - - Penguji 1
Sunadji - 196504171992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54242
Edisi
Published
Departement
Manajemen Sumber Daya Perairan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.42 TAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA