Pengaruh Penambahan Tepung Gracilaria verrucosa DALAM Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penambahan Tepung Gracilaria verrucosa DALAM Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)

XML

Udang vaname merupakan salah satu komoditas penting dalam budidaya didunia. Udang vaname menjadi komoditas perikanan unggulan di Indonesia. Produksi udang Indonesia terus mengalami peningkatan. Indonesia menempati urutan ke empat dalam ekspor udang dunia. dengan volume ekspor sebesar 147.164, 69ton dan nilai ekspor sebesar 1.302.330.215,54 USD. Produksi udang Indonesia terus mengalami peningkatan, Pemerintah Indonesia menargetkan nilai produksi ekspor udang sebesar 250% pada tahun 2024, sehingga udang menjadi komoditas perikanan unggulan di Indonesia. Tingginya permintaan terhadap udang vaname menyebabkan tingginya nilai ekspor udang vaname. Salah satu upaya dalam memenuhi tingginya permintaan terhadap udang vaname adalah dengan meningkatkan produktivitas udang vaname. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung G. verrucosa dan dosis yang optimal dalam pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang vaname.
Meningkatkan kesehatan udang vaname merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menambah bahan alami kedalam pakan untuk meningkatkan pertahanan alami ikan sehingga dapat mendukung pertumbuhan udang vaname. Salah satu bahan yang dapat digunakana adalah rumput laut G. verrucosa merupakan salah satu bahan herbal yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang vaname. Penambahn tepung G. verrucosa dalam pakan dapat meningkatkan pertahan alami udang sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang vaname.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei- Juni 2023 di UPT Laboratorium lahan Kering, Universitas Nusa Cendana Kupang. Dalam penelitian ini hewan uji yang digunakan adalah udang vaname dengan berat udang 0,11-0,13 g dan setiap akuarium diisi 10 ekor/akuarium. Penelitian ini menggunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 4 perlakuan yaitu A= tanpa penambahan tepung G. verrucosa, B= penambahan tepung Gracilaria verrucosa sebanyak 4% g/kg pakan, C= penambahan tepung G. verrucosa sebanyak 8%g/kg pakan, dan D= penambahan tepung G. verrucosa sebanyak 12% g/kg pakan. Parameter yang diukur meliputi pertumbuhan mutlak, pertumbuhan spesifik, tingkat kelangsungan hidup udang dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan tepung G.verrucosa berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan mutlak udang vaname yaitu pada perlakuan D sebanyak sebanyak 12% yaitu pertumbuhan mutlak sebesar 1,52 g, dan tidak berpengaruh nyata tterhadap pertumbuhan spesifik dan kelangsungan hidup udang vaname. Kelangsungan hidup pada setiap perlakuan sebesar 100% dan kualitas air selama penelitian masih dalam batas optimal untuk pemeliharaan udang vaname.
Kata kunci: Gracilaria verrucosa, Udang Vaname, Pertumbuhan, Kelangsungan hidup.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MIFTAHUL JENAH - Personal Name
Student ID
1813010003
Dosen Pembimbing
YUDIANA JASMANINDAR - 197511242000122002 - Dosen Pembimbing 1
Wesly Pasaribu - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yudiana Jasmanindar - 197511242000122002 - Ketua Penguji
WESLY PASARIBU - - Penguji 1
Yuliana Salosso - 197507011999032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54243
Edisi
Published
Departement
Budidaya Perairan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.43 JEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA