PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA DI KELAS III SD INPRES KUANHEUM KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA DI KELAS III SD INPRES KUANHEUM KABUPATEN KUPANG

XML

Skripsi oleh Nonci Riani Maro, 1901140274, PGSD Tahun 2023 dengan judul “Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia di Kelas III SD Inpres Kuanheum Kabupaten Kupang”. Rumusan masalah “Bagaimana hasil belajar siswa tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia melelui Model Problem Solving di Kelas 3 SD Inpres Kuanheum Kabupaten Kupang?”. Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia melalui model Problem Solving di kelas III SD Inpres Kuanheum Kabupaten Kupang. Teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, tes, dn studi dokumentasi, dengan subyek penelitian sebanyak 34 orang siswa. Teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif dengan mencari persentasi dari data yang telah dikumpulkan kemudian diklasifikasikan ke dalam rumusan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Kuanheum, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai rata-rata kelas sebelum menggunakan model pembelajaran problem solving sebesar 58,99 meningkat menjadi 67,65 pada siklus I dan terus meningkat menjadi 84,72 pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar siswa cenderung meningkat seiring dengan penggunaan model pembelajaran problem solving, yakni sebelum penggunaan model pembelajaran problem solving jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan persentasi 23,53%, terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem solving sebanyak 18 orang dengan persentasi ketuntasan 52,94%. Setelah dilakukan perbaikan-perbaikan dalam pembelajaran, tingkat ketuntasan belajar siswa menjadi 100% atau seluruh siswa pada siklus II telah tuntas belajar Mata Pelajaran IPA dengan Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Sub Tema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.
Kata Kunci : Model Problem Solving, Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nonci Riani Maro - Personal Name
Student ID
1901140274
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mar P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA