Analisis Keragaman Genetik Dan Heritabilitas Karakter Agronomi Galur-Galur F3 Kacang Hijau (Vigna radiata L.) Hasil Persilangan Fore Belu Dan Lokal Sabu

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Keragaman Genetik Dan Heritabilitas Karakter Agronomi Galur-Galur F3 Kacang Hijau (Vigna radiata L.) Hasil Persilangan Fore Belu Dan Lokal Sabu

XML

Kacang Hijau (Vigna radiata L.) merupakan salah satu tanaman leguminosae yang cukup penting dengan kandungan gizi yang populer di Indonesia. Rendahnya hasil kacang hijau di Nusa Tenggara Timur (NTT) disebabkan oleh banyak faktor, antara lain kesuburan tanah yang rendah, teknik budidaya yang masih sederhana, cekaman kekeringan, kebanyakan varietas lokal yang dibudidayakan berdaya hasil rendah, serta gangguan hama dan pathogen. Upaya untuk meningkatkan produksi kacang hijau di Nusa Tenggara Timur salah satunya penggunan varietas unggul dengan cara persilanga. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui keragaman genetik dan sifat-sifat agronomi serta heritabilitas sifat populasi F3 hasil persilangan Fore Belu dan Lokal Sabu;Mengidentifikasi famili-famili F3 yang memiliki sifat unggul. Penelitian ini dilaksanakan di lahan UPT. Laboratorium Lapangan Terpadu Lahan Kering Kepulauan, Universitas Nusa Cendana, Fakultas Pertanian yang berlangsung pada bulan September-Desember 2022.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan sistem tanam berbaris (Head to Row) tanpa ulangan. Materi genetik yang digunakan adalah 33 galur F3 keturunan hasil persilangan antara varietas Fore Belu dan Lokal Sabu, sedangkan varietas pembandingnya yaitu Vima 1, Vima 3, Lokal Kupang dan kedua tetua. Jumlah populasi tanaman yang di amati adalah 10 tanaman terbaik, sehingga seluruhnya 380 tanaman yang terdiri dari 38 perlakuan. Variabel yang diamati adalah pengamatan karakter kuantitatif dan karakter kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan pada populasi F3 tanaman kacang hijau hasil persilangn Fore Belu dan Lokal Sabu terdapat keragaman genetik dari ketujuh karakter/sifat agronomi yang diamati, seperti umur berbunga, umur panen dan tinggi tanaman saat panen terdapat kriteria yang luas/tinggi, sedangkan tinggi tanaman saat berbunga, jumlah cabang produktif per tanaman, jumlah polong per tanaman dan berat kering biji per tanaman mempunyai kriteria yang sempit dan besaran nilai heritabilitas karakter agronomi yang diamati pada karakter umur berbunga, tinggi tanaman saat berbunga, umur panen, tinggi tanaman saat panen, jumlah cabang produktif, jumlah polong dan bobot kering biji per tanaman memiliki nilai heritabilitas yang tinggi/luas. Berdasarkan hasil bobot kering biji (g), umur panen (hari), tinggi tanaman saat panen (cm), dan jumlah polong per tanaman (buah), terdapat satu famili yang memiliki sifat-sifat unggul dibanding kedua tetua yaitu V30.

Kata Kunci : Tanaman Kacang Hijau, Keragaman Genetik dan Heritabilitas.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA SUSANAH RISNAWATI - Personal Name
Student ID
1804060412
Dosen Pembimbing
YOSEP SERAN MAU - 196611281994031001 - Dosen Pembimbing 1
ANTONIUS S S NDIWA - 196705101993031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yosep Seran Mau - 196611281994031001 - Ketua Penguji
Antonius S S Ndiwa - 196705101993031002 - Penguji 1
Shirly S. Oematan - 196311051987032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54211
Edisi
Published
Departement
Fakultas Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.11 RIS A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA