PENANAMAN NILAI-NILAI PERJUANGAN KARTINI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 SATARMESE

Detail Cantuman

Skripsi

PENANAMAN NILAI-NILAI PERJUANGAN KARTINI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 SATARMESE

XML

Marsianus Fridolin. Nim:1901090033. menulis skripsi ini berjudul “Penanaman Nilai-Nilai
Perjuangan Kartini Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sman 1 Satarmese” dibimbinng oleh, Susilo
Setyo Utomo S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing 1, I Gede Wayan Wisnuwardana, S.Pd., M.Pd
sebagai pembimbing II. Pendidikan memang sangat penting, tidak hanya untuk kaum adam
namun juga untuk kaum hawa. Hal itulah yang selalu disuarakan oleh R. A. Kartini pada saat
memperjuangkan hak perempuan. Melalui perjuangan seorang Kartini, Penelitian ini ingin
mengetahui persepsi siswa terhadap pertokohan R. A. Kartini serta nilai-nilai luhur yang bisa
dipetik dari perjuangan beliau, peneliti mengambil sampel siswa kelas IX IPS 1 SMA Negeri 1
Satarmese. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana
penanaman nilai-nilai perjuangan yang diambil dari tokoh R. A. Kartini terhadap siswa Kelas XI
IPS 1 SMAN 1 Satarmese?. 2. Bagaimana persepsi siswa terhadap pertokohan R. A. Kartini?.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pejuang yang diambil dari
tokoh R. A. Kartini terhadap siswa di Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Satarmese, dan untuk mengetahui
persepsi siswa terhadap pertokohan R.A Kartini. Metode yang digunakan adalah pendekatan
deskriptif kualitatif fenomenologi untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pertokohan R.
A. Kartini. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data ,wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif, yaitu mengubah data menjadi temuan dimana tiada alat ukur untuk
mengetahui validitas dan realibilitas. Dengan komponen, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menanamkan nilai-nilai
perjuangan dari R. A. Kartini, ada berbagai cara yang dilakukan para guru di SMAN 1 Satarmese
seperti, memberikan penjelasan tentang kehidupan dan perjuangan R. A. Kartini guru dapat
memperkenalkan R. A. Kartini sebagai tokoh inspiratif yang berani melawan norma-norma
sosial pada zamannya dan berjuang untuk hak-hak perempuan, mengajarkan nilai-nilai
perjuangan R. A. Kartini melalui proyek-proyek kelas, mengajarkan nilai-nilai perjuangan R. A.
Kartini melalui pengalaman nyata, menggunakan bahan bacaan yang mengangkat tema
perjuangan R. A. Kartini. Persepsi siswa terhadap figur R. A. Kartini dalam pembelajaran sejarah
bersifat positif, karena siswa dapat memahami peranan Raden Ajeng Kartini sebagai pahlawan
wanita pertama yang memiliki kepedulian dalam memperjuangkan kebebasan kaum wanita
terutama dalam bidang pendidikan.
Kata Kunci : Penanaman Nilai-Nilai Perjuangan, Raden A. Kartini, Pembelajaran
Sejarah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
marsianus fridolin - Personal Name
Student ID
1901090033
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
I Gede W. Wisnuwardana, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Fri P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA