PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG TEMA 2 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DI KELAS IV SD INPRES NAIMATA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG TEMA 2 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DI KELAS IV SD INPRES NAIMATA KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Christiana Ingi Tolok, NIM 1901140157, PGSD tahun 2024 dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Chievment Division (STAD)
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV SD Inpres Naimata Kota Kupang. Rumusan masalah penelitin ini adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik tentang tema 2 sub tema 1 pembelajaran 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievment division (STAD) di kelas IV SD Inpres Naimata Kota Kupang?”. Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang tema 2 sub tema 1 pembelajaran 3 melalui penerapan model pembalajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SD Inpres Naimata Kota Kupang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Naimata Kota Kupang dengan subjek penelitian berjumlah 22 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian pada tahap pra siklus menunjukkan 5 peserta didik sudah mencapai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 22,72% sedangkan 17 peserta didik belum mencapai KKM dengan persentase ketuntasan 79,17%. Penelitian dilanjutkan pada siklus I dengan mulai menggunakan model kooperatif tipe student team achivment division (STAD) hasil penelitian menunjukan bahwa data hasil observasi keaktifan guru pada siklus I dengan nilai 65,27 dan siklus II dengan nilai 95,83%, sedangkan hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I dengan nilai ratarata 66,59% dan siklus II dengan nilai rata-rata 82,81%. Pada pembelajaran siklus I dari subjek 22 peserta didik dimana yang tuntas atau memenuhi standar KKM yang ditentukan yaitu 75 sebanyak 8 orang peserta didik (36,36%) sementara siswa yang yang tidak tuntas sebanyak 14 orang peserta didik (63,64%). Selanjutnya pada siklus II dari 22 peserta didik, yang tuntas sebanyak 22 orang peserta didik (100%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Inpres Naimata Kota Kupang.

Kata kunci: Model pembelajaran Student team achievment division (STAD, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Christiana Ingi Tolok - Personal Name
Student ID
1901140157
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA