PENGUATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI EKSTRAKURIKULER PENCINTA ALAM DI SMA NEGERI 1 LARANTUKA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGUATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI EKSTRAKURIKULER PENCINTA ALAM DI SMA NEGERI 1 LARANTUKA

XML

Merintis dan mengembangkan program kesadaran lingkungan dalam dunia pendidikan merupakan tidak mudah. Tantangan terberat yang harus dihadapi adalah kebiasaan membuang sampah sembarangan, pola hidup kurang bersih, dah hidup boros. Hal tersebut bisa terlihat dari keberadaan sampah yang berserakan didalam sekolah, debu yang menempel pada kaca dan meja kelas, pengguna air dan kertas yang berlebihan. Jika hal itu tidak diubah sejak dini, maka perilaku hidup tidak ramah lingkungan tersebut akan membudaya hingga kehidupan berikutnya. Menanggulangi permasalahanlingkungan harus dimulai dari proses menanggulangi perilaku manusia, karena manusia penyebab terjadinya berbagai permasalahan lingkungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan makna peduli lingkungan bagi Siswa Pecinta Alam di SMAN 1 Larantuka, (2) mendeskripsikan proses pennguatan sikap peduli lingkungan di Siswa Pecinta Alam SMAN 1 Larantuka Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yakni dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) makna peduli lingkungan bagi siswa pecinta alam ialah menumbuhkan jiwa karakter peduli lingkungan yang harus dimiliki setiap anggota pecinta alam dengan rasa sadar, empati dan tanggung jawab terhadap menjaga
lingkungan sekitar agar meminimalisir kerusakan yang sudah terjadi, (2) Proses penumbuhan karakter peduli lingkungan di ekstrakurikuler Siswa Pecinta Alam SMAN 1 Larantuka, dengan tahap penanaman, tahap penumbuhan, tahap pengembangan, dan tahap pemantapan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001070016
Dosen Pembimbing
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Penguji 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 dez P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA