Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X SMA Negeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X SMA Negeri 4 Kupang

XML

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan ini difokuskan pada materi keanekaragaman hayati, sebagai sumber atau media belajar dalam memecahkan masalah pembelajaran dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dikelas X SMA Negeri 4 Kupang yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini digunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Kupang. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi produk, angket respon guru, respon peserta didik dan lembar soal pretest-posttest. Media pembelajaran berbasis audio visual divalidasi oleh 6 ahli yaitu 3 ahli materi, dan 3 ahli media, sedangkan untuk respon guru dan peserta didik akan dinilai oleh 2 orang guru biologi dan peserta didik SMA Negeri 4 Kupang yaitu ujicoba kelompok kecil 10 orang dan ujicoba kelompok besar 30 orang peserta didik. Data yang diperoleh dianalis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual sangat valid dengan nilai rata-rata 3,7 untuk materi yang disajikan, dan 3,6 untuk media yang disajikan. Hasil penilaian siswa dan guru terhadap media pembelajaran berbasis audio visual ini yaitu ujicoba kelompok kecil termasuk kategori “sangat baik” dan “baik” dengan nilai rata-rata 3,7 dan 3,2 dan ujicoba kelompok besar termasuk kategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 3,8. Berdasarkan penilaian ujicoba kelompok besar menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis audio visual ini dapat berpengaruh baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 33,52 menjadi 82,97. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media Audio Visual layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil efektevitas media berdasarkan uji t-test pada nilai pretest dan nilai posttest diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000. Nilai tersebut < 0,05, artinya terdapat perbedaan secara signifikan yang menunjukkan bahwa media Audio Visual pengaruh meningkatkan hasil belajar siswa kelas X sebelum menggunakan media pembelajaran Audio Visual dan sesudah menggunakan media Audio Visual.
Kata Kunci: Pengembangan, media audio visual, Materi Keanekaragaman Hayati


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DEWA AYU DEVI ARSITA - Personal Name
Student ID
1901040083
Dosen Pembimbing
Paulus Taek - 19600626 199512 1 001 - Dosen Pembimbing 1
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 ARS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA