Pelaksanaan Fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupetan Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Pelaksanaan Fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupetan Timor Tengah Utara

XML

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sebagai lembaga perencanaan pembangunan daerah bertanggung jawab dalam menyusun rencana pembangunan dilaksanakan secara terencana, serta melakukan evaluasi dan pengendalian terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan daerah, untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Kabupaten tersebut, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta meningkatkan daya saing dan keberlanjutan pembangunan di wilayah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Sejauhmanakah Pelaksanaan Fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupetan Timor Tengah Utara Ditinjau dari Peraturan Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara Nomor 9 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Inspektorat dan Lembaga Teknis Daerah Lainnya Kabupaten Timor Tengah Utara. (2) Apa sajakah faktor yang menjadi kendala dalam Pelaksanaan Fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupetan Timor Tengah Utara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris. Dengan menggunakan pendekatan Sosio Yuridis atau pendekatan lapangan dan Pendekatan Konseptual.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah terlihat belum optimal. Kondisi pembangunan di Kabupaten Timor Tengah Utara belum sesuai dengan kondisi ideal yang diharapkan. Fenomena ini terjadi dengan tidak optimalnya kinerja dari aparat BAPPEDA kabupaten Timor Tengah Utara yang belum mampu mengkoordinir secara baik dan belum bisa untuk menyesuaikan kinerja dengan setiap perencanaan kebijakan yang telah dikesepakati bersama. (2) Terdapat beberapa faktor penghambat yaitu: Sumber Daya Manusia, Anggaran, Koordinasi, dan Sarana Penunjang. Disarankan BAPPEDA Kabupaten Timor Tengah Utara seharusnya melakukan tinjauan terlebih dahulu mengenai kondisi yang tengah dihadapi oleh masyarakat dari setiap wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara sehingga proses perencanaan pembanguan di Kabupaten Timor Tengah Utara sesuai dengan apa yang telah didapati dari setiap pelaksanaan Musrenbang agar tentunya pembangunan di Kabupaten Timor Tengah Utara dapat tercapai. (2) Seluruh aparat BAPPEDA diharapkan berperan serta dan berpartispasi secara aktif pada setiap proses pembangunan di Kabupaten Timor Tengah Utara.
Kata kunci : Pelaksanaan, Fungsi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Faktor Penghambat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
GREGORIUS TRIYANTO FEKA - Personal Name
Student ID
1902010363
Dosen Pembimbing
RAFAEL R TUPEN - 196404201992031001 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 1
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 FEK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA