Strategi Pemerintah Desa Dalam Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahun Anggaran 2021-2022 Untuk Kesejahteraan Masyarakyat di Desa Se’i Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pemerintah Desa Dalam Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahun Anggaran 2021-2022 Untuk Kesejahteraan Masyarakyat di Desa Se’i Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

XML

Judul Skripsi adalah Strategi Pemerintah Desa dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahun Anggaran 2021-2022 untuk Kesejahteraan Masyarakyat di Desa Se’i Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Desa Se’i merupakan salah satu dari 12 (Dua belas) Desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Rata-rata penduduk di Desa Se’i memiliki ekonomi yang lemah. Untuk mengatasi masalah kemiskinan yang ada, pemerintah Desa Se’i telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulanginya salah satunya yaitu dengan diadakannya Salah Satu Program Badan Usaha Milik Desa. BUMDes sendiri sudah ada di Desa Se’i sejak tahun 2018 yang bernama Tunas harapan Se’i. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana strategi pemerintah desa dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tahun anggaran 2021-2022 untuk kesejahteraan masyarakyat di desa Se’i Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Manfaat penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi ilmu sosiologi terutama pada mata kuliah sosiologi pedesaan dan menambah pengembangan pengetahuan strategi pemerintah desa dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis strategi pemerintah desa dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tahun anggaran 2021-2022 untuk kesejahteraan masyarakyat di desa Se’i Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Penelitian ini mengunakan Analisis SWOT. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Pemerintah Desa yang memiliki peran signifikan dalam mengelola BUMDes. Selain itu, pengurus BUMDes juga menjadi subjek penelitian, khususnya mereka yang bertanggung jawab merencanakan dan melaksanakan berbagai program dan kegiatan, pengurus BUMDes di sini juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat Desa Se’i sehingga mengubah perilaku dan kemandirian masyarakat Desa Se’i. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah program BUMDes memiliki kekuatan dalam menciptakan dinamika sosial yang kaya melalui partisipasi aktif masyarakat. Pemberian pinjaman oleh BUMDes tidak hanya memberikan dampak finansial tetapi juga berkontribusi pada transformasi ekonomi dan struktur sosial di tingkat lokal. Tantangan persaingan dihadapi oleh BUMDes dapat menciptakan dinamika kompetitif yang berpotensi mengubah pola interaksi sosial, memerlukan manajemen yang cermat untuk mengelola dampaknya. inisiatif strategi pemerintah desa dalam Mengembangkan BUMDes memberikan peluang untuk menciptakan perubahan positif dalam pola interaksi sosial dan dinamika komunitas. Tantangan persaingan dapat menjadi ancaman jika tidak dikelola dengan baik, berpotensi menciptakan ketegangan dan konflik sosial di antara anggota masyarakat.
Kata kunci : Strategi Pemerintah Desa Dalam Mengembangkan BUMDes, dan Kesejahteraan Masyarakat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Albert Yulens Taopan - Personal Name
Student ID
1903030093
Dosen Pembimbing
Hildigardis M. I. Nahak - 197905012006042001 - Dosen Pembimbing 1
JENI M ATAUPAH - 0031078707 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Jeni M Ataupah - 0031078707 - Penguji 1
Yosep E. Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Tao S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA