Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pertumbuhan Hewan Kelas III SD Inpres Fatukoa Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pertumbuhan Hewan Kelas III SD Inpres Fatukoa Kota Kupang

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Fatukoa Kota Kupang pada materi pertumbuhan hewan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif Nonequivalent Control
Group Desain. Penelitian ini berlokasi di SD Inpres Fatukoa Kota Kupang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 47
orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Purpose Sampling dimana pengambilansampel dilakukan dengan alasan tertentu sehingga sampel dalam penelitian ini yaitusiswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III B sebagai kelaskontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes berupa pretest dan posstest untuk mengukur hasil belajar. Sebelum intrumen soal
digunakan terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning yaitu 74,92 lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional dengan rata-rata 57,40. Pengujian hipotesis dilakukan uji Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian data yang diperoleh pada nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model konvensional.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sendy Agnes Ollo - Personal Name
Student ID
1901140088
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862. 06 Oll P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA