PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MEMBEDAKAN ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMNT DIVISION KELAS V SDK ST YOSEPH 5 KUAPUTU KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MEMBEDAKAN ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMNT DIVISION KELAS V SDK ST YOSEPH 5 KUAPUTU KABUPATEN KUPANG

XML

Skripsi ini dibuat oleh Stevanus Leli dengan Nim 1901140335 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, tahun 2024. Dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Membedakan Zat Tunggal dan Campuran Melalui Model Student Team Achievemnt Division Kelas V SDK St Yoseph 5 Kuaputu Kabupaten Kupang. Adapun rumusan masalah dalam peneleitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang membedakan zat tunggal dan campuran melalui model Student Teams Achievement Division di kelas V SDK St Yosep 5 Kuaputu kabupaten kupang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V melalui penerapan model pembelajaran STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah
Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model pembelajaran STAD yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada satu siklus terdiri empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDK St Yoseph 5 Kuaputu di Kabupaten Kupang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDK St Yoseph 5 Kuaputu Kabupaten Kupang tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 14 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran STAD. Teknik pengumpulan data berupa observasi,tes,dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pada tema 9 subtema 1 pembelajaran 2 dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK St Yoseph 5 Kuaputu Kabupaten Kupang. Pada siklus I mendapatkan kriteria Kurang (K) dengan persentasi ketuntasan hasil belajar siswa yang di peroleh 64,29% sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II mendapatakan kriteria baik (B) dengan persentasi ketuntasan yang diperoleh 92,86%.Jadi model pembelajaran hasil belajar siswa.Sedangkan data hasil observasi siswa Pada siklus I, siswa memperoleh jumlah nilai keseluruhan 955,50 dengan nilai rata-rata 72,50 dan mendapat kriteria cukup(C), sedangkan pada siklus II, nilai aktivitas siswa meningkat menjadi 1.142,50 dengan nilai rata- rata 88,75 dan mendapat kriteria sangat baik (SB). Berdasarkan hasil observasi siswa diatas terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 21,25.

Kata Kunci: Student Team Achievemnt Division ; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Stevanus Leli - Personal Name
Student ID
1901140335
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Lel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA