Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang

XML

Rendahnya hasil belajar dapat di sebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran di kelas. Rendahnya hasil belajar pada pelajaran IPA di tandai dengan tidak tuntasnya nilai ulangan dibawah KKM yaitu dari 32 siswa hanya 2 siswa yang tuntas sedangkan yang lainnya belum tuntas. Metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru yaitu Discovery Learning saja, hal ini juga mengakibatkan kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan kebanyakan siswa cenderung pasif dan hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut “Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Kupang setelah penerapan model pembelajaran problem based learning” tujuan dari penelitian ini yaitu memberi arahan yang jelas berdasarkan rumusan masalah dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam memperbaiki pembelajaran IPA dikelas VIIIA SMP Negeri 1 Kupang.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning(PBL). Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer yaitu guru mata pelajaran IPA. Pembelajaran di lakukan dengan 2 siklus selama 2 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa, observasi aktivitas guru, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi.
Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu sebanyak 15 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 80, tes di lanjutkan kembali pada siklus II dengan sedikit perbaikan di dapat kembali hasil belajar siswa pada siklus II meningkat, sebanyak 28 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut; Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII. ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diketahui pada pretest sebesar 12,5% dan post test sebesar 46,8%, dan mengalami kenaikan pada siklus II pretest sebesar 53,1% dan post test sebesar 87%. Jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 40,2%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan hasil belajar siswa, karena pada akhir siklus telah mencapai sesuai target yang ditentukan yaitu 85%.

Kata kunci : hasil belajar, problem based learning, penelitian tindakan kelas .


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
IDALTI ADISE MONE - Personal Name
Student ID
1901040087
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nikmah - 196410231990012001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 MON P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA