Saya Berpakaian Bekas Maka Saya Ada (Studi Tentang Konsep Diri Mahasiswa Pengguna Pakaian Bekas Program Studi Ilmu Komunikasi)

Detail Cantuman

Skripsi

Saya Berpakaian Bekas Maka Saya Ada (Studi Tentang Konsep Diri Mahasiswa Pengguna Pakaian Bekas Program Studi Ilmu Komunikasi)

XML

Penelitian ini berjudul :“Saya Berpakaian Bekas Maka Saya Ada (Studi Tentang Konsep Diri Mahasiswa Pengguna Pakaian Bekas Program Studi Ilmu Komunikasi)”. Latar belakang dari penelitian ini adalah penggunaan pakaian bekas di kalangan mahasiswa menjadi fenomena yang sangat populer pada saat ini. Jika dilihat dari idealnya bahwa manusia lebih menyukai memakai pakaian baru yang berkualitas bagus, serta mahal. Tetapi kenyataannya sekarang bahwa manusia lebih memilih pakaian bekas layak pakai. Fenomena tersebut menarik untuk diteliti karena alasan pertama menunjukkan keanehan manusia secara rasional, alasan kedua kemeriahan perayaan penggunaan pakaian bekas, dari kedua realitas tersebut dapat dijelaskan dengan konsep eksistensialis. Bahwa eksistensi generasi muda sangat bergantung pada barang yang dipakai.Berdasarkan masalah yang telah diuraikan diatas yang menjadi rumusan masalah yaitu Bagaiman konsepsi pakaiandalam pembentukan konsep diri menurut Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsepsi pakaian bekas dalam pembentukan konsep diri menurut Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana. Untuk mengkaji hasil penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawacara, dan dukumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa semester V dan VII. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuliatatif dengan menggunakan teori eksistensi yang dicetuskan Soren kierkegaard. Hasil penelitian menunjukan konsepsi pakaian bekas dalam pembentukan konsep diri diantaranya: a).Pandangan terhadap pakaian bekas yakni kualitas yang bagus, branded, unik. b).Makna menggunakan pakaian bekas yakni upaya melestarikan lingkungan dengan mengurangi limbah tekstil. c) Motif mahasiswa pengguna pakaian bekas yakni ekonomis dan hobby menggunakan pakaian bekas. d).Perilaku mahasiswa pengguna pakaian bekas yakni senang mempengaruhi orang lain, dan mudah berbaur dengan orang lain, e). Perasaan ketika menggunakan pakaian bekas yakni percaya diri, bangga, keren, dan puas. f).Faktor eksternal yang mempengaruhi mahasiswa menggunakan pakaian bekas yakni orang tua, teman, media sosial dan idola. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dengan adanya pakaian bekas, sehingga membuat para mahasiswa atau kaum remaja percaya diri, dan merasa puas serta, dapat mengeksploirasikan penampilan agar tetap fashionable dan tidak tertinggal dari perkembangan trend fashion. Peneliti juga menyarankan bagi mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi, baik itu yang mengadopsi maupun yang tidak mengadopsi pakaian bekas, perlu diketahui bahwasanya, pakaian bekas merupakan salah satu alternatif untuk gaya hidup yang fashionnable dengan keuangan yang pas. Meskipun demikian, kebersihan untuk menjaga kesehatan tetap harus diperhatikan, seperti mencuci pakaian bekas dengan cara tertentu.

Kata kunci : Pakaian Bekas, Dan Konsep Diri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Kristiana Bhete - Personal Name
Student ID
2003030091
Dosen Pembimbing
LENNY SOFIA BIRE MANOE - 198009152005012003 - Dosen Pembimbing 1
JENI M ATAUPAH - 0031078707 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Ketua Penguji
Jeni M Ataupah - 0031078707 - Penguji 1
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Bhe S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA