ANALISIS KINERJA GAPOKTAN SETIA DALAM PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN (Studi Kasus Hutan Kemasyarakatan Desa Oelekam Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS KINERJA GAPOKTAN SETIA DALAM PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN (Studi Kasus Hutan Kemasyarakatan Desa Oelekam Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan)

XML

Hutan kemasyarakatan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjaga hutan dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya. Desa oelekam merupakan salah satu desa yang mendapatkan IUPHKm. Kelembagaan dalam pengelolaan HKm merupakan aspek yang sangat berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya HKm. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kelembagan Gapoktan Setia dan dampak dari adanya HKm. Data kinerja kelembagaan diperoleh dengan wawancara dan bantuan kuesioner, sedangkan data komposisi vegetasi diperoleh dengan analisis vegetasi menggunakan metode transek. Pengolahan data kinerja kelembagaan menggunakan skala likert.
Adanya IUPHKm telah memberikan dampak baik pada komposisi vegetasi dengan pertambahan komposisi pohon pada periode tahun-2015-2021 namun masih perlu adanya pembenahan pada sektor kelembagaan sehingga HKm memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat dan hutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelembagaan dari Gapoktan setia belum berjalan dengan baik, terbukti dari indikator hak (rights), Tanggung jawab (responsibility), hasil (revenue) dan hubungan (relationship) yang dinilai memperoleh skor rendah. Berdasarkan analisis skala likert indikator hak dari gapoktan setia memperoleh skor 2,04 (kurang baik, indikator tanggung jawab memperoleh skor 2,04 (kurang baik), indikator hasil memperoleh skor 2,13 (kurang baik), indikator hasil memperoleh skor 2,12 (kurang baik). Belum adanya pembagian areal kerja bagi masing-masing anggota, kurangnya kesadaran anggota, kurangnya musyawarah, umur yang didominasi oleh usia produktif tua dan pendidikan yang rendah serta sarana prasarana dan infrastruktur yang belum memadai merupakan faktor yang menyebabkan lambatnya pertumbuhan kelembagaan gapoktan Setia. Hasil analisis vegetasi menunjukkan bahwa terdapat jenis-jenis tumbuhan yang berpotensi untuk dikembangkan seperti asam (Tamarindus indica), kemiri ( Aleurites moluccana), alpukat (Persea americana) dan johar (Senna siamea).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Erivaldi Dangu Uba - Personal Name
Student ID
1904070052
Dosen Pembimbing
Ludji M. Riwu Kaho - 196307241987021002 - Dosen Pembimbing 1
ASTIN ELISE MAU - 198708072015042002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ludji Michael Riwu Kaho - 19630724 198702 1 002 - Ketua Penguji
Astin Elise Mau - 198708072015042002 - Penguji 2
RONI HAPOSAN SIPAYUNG - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : kupang,.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 Uba A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA