Analisis Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Desa Oebafok Dalam Peningkatan Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Kantor Kepala Desa Oebafok Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Desa Oebafok Dalam Peningkatan Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Kantor Kepala Desa Oebafok Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao)

XML

Gaya kepemimpinan Demokratis merupakan gaya seorang pemimpin yang partisipatif, yang dimana seorang pemimpin itu menyadari bahwa tugasnya ialah mengkoordinasi pekerjaan dan tugas dari semua anggotanya, dengan menekankan rasa tanggung jawab dan kerjasama yang baik kepada setiap anggota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi gaya kepemimpinan demokratis dari Kepala Desa Oebafok dalam peningkatan pelayanan publik. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gaya kepemimpinan demokratis telah diterapkan oleh Kepala Desa Oebafok dengan optimal, hal itu terlihat adanya penghargaan terhadap partisipasi, kolaborasi, dan perhatian terhadap bawahannya serta masyarakat. Efektif dan efesien dalam mewujudkan pelayanan publik sesuai dengan dimensi-dimensi yaitu: melakukan kerjasama dengan bawahannya seperti turut serta dan mau bergotong-royong untuk membersikan sampah dan juga hal lainnya, mendengar kritik, menerima saran/pendapat dari bawahan dan Kepala Desa selalu memberi ruang untuk bisa menyampaikan kritik saran dan pendapat dari masing-masing bawahan , menghargai potensi setiap bawahannya seperti dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab Kepala Desa tidak memaksakan kehendak tetapi selalu menghargai potensi yang miliki dan terus mendukung dan memotivasi agar kedepannya lebih baik, dan keputusan dibuat bersama seperti melibatkan para bawahan dalam berbagai pertemuan untuk membahas suatu masalah agar dapat mengambil keputusan yang disetujui bersama . Adapun juga terkait pelayanan publik di Kantor Desa, yaitu para staf yang bertugas melayani masyarakat sangat ramah dan baik menerima dan membantu masyarakat yang hendak mengurus dokumen atau administrasi di Kantor Desa. Hal ini berpotensi meningkatkan pelayanan publik di Desa Oebafok dan membangun lingkungan kerja yang saling mendukung.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Demokratis, Pelayanan Publik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NINGSI MESINDI BABA - Personal Name
Student ID
2003010164
Dosen Pembimbing
MARIA MAGDALENA LINO - 196312071990032001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 BAB A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA