Peran Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani Pucuk Kembang (Studi Kasus Di Desa Lento)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani Pucuk Kembang (Studi Kasus Di Desa Lento)

XML

Penelitian ini berjudul Peran Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani Pucuk Kembang (Studi Kasus di Desa Lento). Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur dan Kelompok Tani Pucuk Kembang. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan peran Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur dalam melakukan pemberdayaan terhadap Kelompok Tani Pucuk Kembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini mengkaji pelaksanaan fungsi Dinas Pertanian dalam program pengembangan kedelai, 3 fungsi tersebut yaitu : peningkatan produktifitas sektor pertanian, pembinaan dan pengawasan produksi pertanian, evaluasi pertanian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terjadinya peningkatan produktifitas pertanian karena tidak terjalinnya hubungan kemitraan yang baik, keterlambatan waktu dalam pendistribusian bibit, dan tidak meratanya pembagian pupuk. Dalam pembinaan dan pengawasan produksi diperlukan pemberian pendampingan yang merata serta peningkatan kesadaran petani mengikuti penyuluhan. Evaluasi di bidang pertanian menunjukkan bahwa tidak adanya laporan hasil kegiatan pertanian serta tidak adanya tindak lanjut terhadap program dalam perbaikan strategi. Dapat disimpulkan bawah kurangnya dalam pelaksanaan penyuluhan dan pendampingan serta tidak efisien dalam pendistribusi bibit dan pupuk mengakibatkan produktifitas kedelai tidak mencapai target mengakibatkan program ini tidak berjalan dengan baik dan tidak dilanjutkan. Maka disarankan agar dilakukan peningkatan dalam pelaksanaan penyuluhan dan pendampingan serta dilakukan perubahan strategi dalam distribusi bibit dan pupuk agar lebih efektif.
Kata kunci: Peran, Dinas pertanian, Pemberdayaan, Fungsi, Program


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
OKTAVIANUS CARLOS - Personal Name
Student ID
2003010167
Dosen Pembimbing
JACOBA DAUD NIGA - 196004061987022001 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacoba Daud Niga - 196004061987022001 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1
BELANDINA I. LONG - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 CAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA