NILAI-NILAI KARAKTER GOTONG-ROYONG DALAM TRADISI MOHING DANUNG DI DESA PANAMA KECAMATAN BUYASURI KABUPATEN LEMBATA

Detail Cantuman

Skripsi

NILAI-NILAI KARAKTER GOTONG-ROYONG DALAM TRADISI MOHING DANUNG DI DESA PANAMA KECAMATAN BUYASURI KABUPATEN LEMBATA

XML

Tujuan dari penelitian ini untuk Mendeskripsikan makna Filosofi Tradisi Mohing Danung bagi Masyarakat Panama Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata, Mendeskripsikan Implementasi tata cara Tradisi Mohing Danung di Desa Panama, Mendeskripsikan Makna dan Nilai-Nilai Sosial dari Tradisi Mohing Danung bagi Masyarakat Desa Panama Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata.
Alasan penelitian meneliti tentang budaya mohing danung aalah karena tradisi tersebut kini pelan-pelan mulai pudar di karenakan pengaruh budaya luar yang lebih dominan di berbagai lini, hal ini yang membuat peneliti lebih tertarik untuk mempertahankan suatu tradisi tersebut denggan menuliskan dalam suatu karya ilmia. Sehingga bisa di sebagai sumber untuk para generasi berikutnya dan
juga menambah wawasan bagi peneliti.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif denggan menggunakan pendekatan deskriptif Analisis. Dan data-data yang diperoleh berupa data primer maupun data sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah toko masyarakat, kepala desa dan masyarakat di Desa Panama.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Budaya mohing danung masih dilaksanakan oleh masyarakat panama hingga saat ini karena mohing danung merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang sehingga sekaran masih dirawat denggan baik oleh masyarakat kedang (uyelewun). Peroses untuk mengimplementasikan budaya mohing danung Tahap awal saling mengajak (hoyan weq) yang mana untuk menyelesaikan suatu pekerjaan setelah itu melakukan pertemuan singkat untuk Membahas mengenai waktu dan tempat selanjutnya tahap pelaksana semua akan melakukan eksekusi mohing danung (gotong royong) di suatu tempat yang sebelumya sudah di sepakati sesuai waktu dan di tunjukan kemudian tahap yang terakir semua akan Bersama-sama berkumpul di suatu tempat untuk melakukan acara syukuyan (lekan dokaq). Nilai-nilai yang terkandung dalam budaya mohing danung berupa nilai kebersamaan, persatuan, rela berkorban, tolong menolong, nilai sosialisasi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Patrisius Leu Lela - Personal Name
Student ID
2001070028
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y.A. Kale - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
DORKAS Y A KALE - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 ela N
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA