Skripsi
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN OLEH GURU PKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 HAWU MEHARA KABUPATEN SABU RAIJUA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menguji Penggunaan Media Vidio Pembelajaran Oleh Guru PPKn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3. Hawu Mehara Kabupaten Sabu Raijua
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis dan desain penelitian pretest dan posttest. Menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen sekirannya peneliti dapat memperoleh data tentang hasil belajar siswa melalui metode Media Vidio Pembelajaran yang peneliti gunakan dalam pembelajaran. data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bantuk data angka dan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII A dan VII B SMP Negeri 3 Hawu Mehara Kabupaten Sabu Raijua.
Pertama hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: Pada kelas eksperimen nilai signifikansi yang di dapat yaitu 0,734 dan pada kelas kontrol di dapat 0,683 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji homogenitas kedua hasil tersebut melebihi nilai sig > 0,05 maka kedua hasil tersebut berdistribusi homogen. Kedua Pada kelas eksperimen nilai signifikansi yang di dapat yaitu 0,161 dan pada kelas kontrol di dapat 0,189 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji normalitas kedua hasil tersebut melebihi nilai sig > 0,05 maka kedua hasil tersebut berdistribusi normal. Ketiga Pada kelas eksperimen nilai signifikansi yang di dapat yaitu < 0,001 dan pada kelas kontrol di dapat < 0,001 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji t-test paired sample t- test kedua hasil tersebut memiliki perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas mempunyai mean (rata-rata) yang jauh berbeda yaitu pada kelas eksperimen memperoleh hasil 39.677 lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh hasil. 19.355 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 jika kita lihat pada dasar pengambilan keputusan pada uji statistik regresi linear sederhana nilai tersebut menunjukan adannya pengaruh variabel x terhadap variabel y diketahui dari hasil yang di dapat bahwa 0,001 < 0,05 yang artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y.
Kata Kunci: Metode Media Vidio Pembelajaran, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SETERLINDA LAY - Personal Name
|
Student ID |
2001070081
|
Dosen Pembimbing |
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Leonard Lobo, M.Kes - - Ketua Penguji
Fredik Lambertus Kollo, S.Pd., M.Pd - - Penguji 1 Daud Yefkanius Nassa, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Lay P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |