PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 KUPANG

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kupang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Guided Discovery Learning dan model pemelajaran diskusi variasi serta mengetahui pengaruh model Guided Discivery Learning pada hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kupang.
Subjek dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas, kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas Kontrol. Metode Penelitian adalah Kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kupang yang berjumlah 101 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3 sebanyak 67 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu observasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 8 soal.
Berdasarkan analisis data, diperoleh thitung = 4,014 dan ttabel = 1,669. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung >ttabel, maka H0 ditolak Ha diterima, sehingga hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima yaitu model pembelajaran Guided Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Kupang. Perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar (87,91) dan kelas kontrol sebesar (77,06). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar antara kelas eksperimen (XI IPS 2) dan kelas kontrol (XI IPS 3)
Kata kunci : Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
CHRISTIANUS UNDJA HARU - Personal Name
Student ID
1901080127
Dosen Pembimbing
Penguji
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Ketua Penguji
Erika F. Br Simanungkalit,S.Pd,M.Pd - 199212222019032017 - Penguji 1
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Har P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA