Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 3 Kupang Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 3 Kupang Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati

XML

Penelitian telah dilaksanakan pada bulan November tahun ajaran 2023/2024. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 3 Kupang pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencananan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup data observasi aktivitas guru dan siswa, data tes hasil belajar dan dokumetasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan data observasi aktivitas belajar siswa diperoleh pada siklus I rata rata skor 3,023 dengan persentase 75,59% kriteria cukup meningkat pada siklus II yakni skor rata-rata 3,55 dengan persentase 88,84% kriteria baik. Dan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I rata rata skor 3,44 dengan presentase 85,94% pada siklus dua mengalami peningkatan dengan rata-rata skor 3,75 presentase 93,75 dengan kategori sangat baik dan kualifikasi berhasil. Pada hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 68,23 presentase 56,7% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 84,23 presentase 80% dengan kategori baik dan kualifikasi tuntas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Kupang pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati.
Kata Kunci: Problem based Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DEBORA YOHANA KASEH - Personal Name
Student ID
1901040042
Dosen Pembimbing
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 1
ARINI RAHMA DHANI - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
ARINI RAHMA DANI - - Penguji 1
Dr. Yusnaeni, S.Pd., M.Si - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 KAS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA