STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA HIDROPONIK SAYURAN DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI DIKELURAHAN BAKUNASE KECAMATAN KOTA RAJA KOTA KUPANG (STUDI KASUS PADA PELANGI HIDROPONIK)

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA HIDROPONIK SAYURAN DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI DIKELURAHAN BAKUNASE KECAMATAN KOTA RAJA KOTA KUPANG (STUDI KASUS PADA PELANGI HIDROPONIK)

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelurahan Bakunase Kecamatan Kota Raja Kota Kupang, Pengumpulan data dilakukan pada bulan november-desember 2023. Tujuan dari penelitian yaitu (1) untuk mengetahui faktor internal dan eksternal usaha hidroponik pada Pelangi Hidroponik di Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang,(2) untuk mengetahui strategi pengembangan yang dilakukan pada Pelangi Hidroponik di Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang ,(3) untuk mengetahui besarnya pendapatan usaha hidroponik pada Pelangi Hidroponik di Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dengan jumlah 5 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif meliputi biaya dan pendapatan, analisis SWOT meliputi Faktor Internal dan Faktor Eksternal dilanjutkan dengan Strategi Pengembangan Usahatani Tanaman Hidroponik Sayuran meliputi matriks IFAS EFAS dan Diagram Cartesius. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Biaya yang dikeluarkan adalah sebesar Rp.467.413 dan pendapatan usahatani tanaman hidroponik sayuran adalah , sawi adalah sebesar Rp. 7.204.702, kangkung sebesar Rp. 5.032.297 kaylan sebesar Rp. 4.815.503 dan selada sebesar Rp. 5.486.420, 2. Faktor Internal dengan total skor 3,06 dan faktor eksternal total skor 3,17. Strategi pengembangan usahatani tanaman hidroponik sayuran berdasarkan matriks IFAS DAN EFAS menunjukan bahwa pengembangan usahatani tanaman hidroponik sayuran sedang menjalankan usaha strategi SO (Strenght dan Opportunities) yaitu strategi dimana usaha memanfaatkan semua peluang dan mempertahankan kekuatan sedangkan diagram cartesius menunjukan bahwa pengembangan usahatani tanaman hidroponik di Kelurahan Bakunase berada pada kuadran I mendukung strategi agresif dimana situasi ini mengalami peluang pasar yang cukup besar dan memiliki kekuatan untuk mendukung kebijakan pertumbuhan usaha tersebutKata: Kunci Pengembangan, Analisis SWOT, Pendapatan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1904020053
Dosen Pembimbing
Ir. Maria Bano, MP - - Dosen Pembimbing 1
Santhy Chamdra,SP.M.Si - 8831080018 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ir. Maria Bano, MP - - Ketua Penguji
Santhy Chamdra, - 8831080018 - Penguji 1
Ir. Charles Kapioru, MS - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Agribisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 Ser S
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA