Partisipasi Anggota Kelompok Tani Padi Dahulu Rasa Dalam Penyusunan Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok Di Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Partisipasi Anggota Kelompok Tani Padi Dahulu Rasa Dalam Penyusunan Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok Di Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang

XML

Penelitian dilakukan pada bulan April – Juli 2023 di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat partisipasi anggota kelompok tani dalam penyusunan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, 2) Perbedaan signifikan antara setiap kategori dengan tingkat partisipasi anggota kelompok tani dalam penyusunan RDKK.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan bahwa desa Mata Air merupakan salah satu desa yang memproduksi usahatani padi. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota kelompok tani Dahulu Rasa di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang yakni sebanyak 50 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden. Sedangkan data sekunder adalah data yang bersumber dari lembaga atau instansi dan pustaka yang terkait dengan penelitian. Untuk mengetahui tujuan pertama data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif kemudian deskriptif, dan untuk menjawab tujuan kedua data dianalisis dengan deskriptif untuk menghasilkan data berupa gambaran secara nyata di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) tingkat partisipasi anggota kelompok tani secara umum dalam penyusunan RDKK di Kelompok tani Dahulu Rasa, Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang tegolong tinggi dalam menyediakan informasi luas lahan, informasi mengenai kebutuhan pupuk, informasi mengenai kebutuhan pestisida, mengikuti pertemuan kelompok, memberikan pendapat, dan memberikan keputusan. 2) Hasil uji chi kuadrat menunjukkan perbedaan proporsi petani dalam menyediakan informasi luas lahan, informasi kebutuhan bibit, informasi kebutuhan pupuk, informasi kebutuhan pestisida, dalam mengikuti pertemuan kelompok, dalam memberikan pendapat dan dalam mengambil keputusan menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara kategori dengan tingkat partisipasi anggota kelompok tani. Disarankan kepada seluruh penyuluh pertanian yang bertugas di daerah penlitian agar terus membekali petani dangan program-program yang membantu petani untuk meningkatkan kualitas usahatani di desa tersebut contohnya RDKK serta mendampingi dan melibatkan petani dalam penysunan RDKK.

kata Kunci: partisipasi, anggota kelompok tani, penyusunan RDKK


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FENDY BESLAU - Personal Name
Student ID
1704020105
Dosen Pembimbing
SERMAN NIKOLAUS - 19591024 198607 1 001 - Dosen Pembimbing 1
I WAYAN NAMPA - 198303232012121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SERMAN NIKOLAUS - 19591024 198607 1 001 - Ketua Penguji
I Wayan Nampa - 198303232012121002 - Penguji 1
Tomycho Olviana - 198210292008122002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Agribisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 BES P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA