Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Kondisi Wilayah Indonesia Di SMP Negeri 3 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Kondisi Wilayah Indonesia Di SMP Negeri 3 Kupang

XML

Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Cooperative script dalam pembelajaran IPS pada materi kondisi wilayah indonesia di SMP Negeri 3 kupang. (1) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen sedangkan desain penelitiannya menggunakan Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design. Dua kelas yang terlibat adalah kelas VII J sebagai kelas kontrol dengan 32 peserta didik, dan kelas VII H sebagai kelas eksperimen dengan 30 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dilakukan sebelum penelitian untuk menggambarkan kondisi kelas, sedangkan tes digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik. Data nama dan hasil belajar peserta didik diperoleh melalui dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi kepala sekolah/madrasah, guru, dan siswa. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Cooperative Script memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kondisi wilayah Indonesia ini terlihat dengan Nilai Sig.(2-tailed) 0,002 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak (2) adanya peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen dari pretest sebesar 63,60 menjadi 86,67 pada posttest pada kelas eksperimen. Adapun rata-rata uji Analisis Indeks N-Gain skor diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,64 sedangkan nilai N-Gain skor kelas kontrol adalah 0,48.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Cooperative Script, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ERMELINDA LAKI SADA - Personal Name
Student ID
1901100123
Dosen Pembimbing
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Husain Hasan-19880602 201903 1 012 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Ketua Penguji
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Penguji 1
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 SAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA