PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PACAR KABUPATEN MANGGARAI BARAT TAHUN 2023

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PACAR KABUPATEN MANGGARAI BARAT TAHUN 2023

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi olehrendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi di Kelas Xl IPS di SMA Negeri 1 Pacar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningdengan yang menggunakan model konvensional serta mengetahui pengaruh model Problem Based Learningpada hasil belajar siswa Kelas Xl IPS di SMA Negeri 1 pacar
Subjek dalam penelitian ini terdiri atas dua Kelas, Kelas Xl IPS1 sebagai kelas kontrol dan Kelas Xl IPS3sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas Xl IPS SMA Negeri 1 Pacar yang berjumlah 112 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini Kelas Xl IPS1 dan Kelas Xl IPS3sebanyak 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu obsevasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 16 soal.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung= 3,141 dan ttabel= 2,0048. Hasil perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung> ttabel, maka HO ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima yaitu model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas Xl IPS3pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pacar. Perbedaan nialai rata-rata kelas kontrol sebesar (75,18 ) dan Kelas eksperimen sebesar ( 84,25) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar antara Kelas kontrol (Xl IPS1 )Kelas eksperimen (Xl IPS3).
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Belajar, Dan Ekonomi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EDUARDUS EBIT SURYANTO - Personal Name
Student ID
19010800341
Dosen Pembimbing
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - 1963027 199003 1 002 - Ketua Penguji
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 1
Jacob Abolla Daka - 197202102006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Sur P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA