Strategi Adaptasi Orang Dengan HIV/AIDS (Odha) Dalam Masyarakat (Studi Kasus Di Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Adaptasi Orang Dengan HIV/AIDS (Odha) Dalam Masyarakat (Studi Kasus Di Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang)

XML

Teori yang digunkan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme struktural dan teori labeling.Informan dalam penelitian ini adalah 16 (enam belas) orang yang terdiri dari 4 (empat) Orang ODHA, 7 (tujuh) orang masyarakat, 1 (satu) orang pendamping, 1 (satu) orang keluarga ODHA, 1 (satu) orang tua ODHA, dan 2 (dua) orang istri ODHA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana penelitian ini akan menghasilkan data deskriptif berupa kata kata tertulis maupun lisan. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data lapangan melalui teknik observasi dan wawancara mendalam. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini mendeskripsikan Tanggapan masyarakat dan Keluarga ODHA terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kelurahan Maulafa, yang sudah mulai membuka diri dan menerima keberdaan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dikarenakan adanya sosialisasi dari di Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) yang bekerja sama dengan Pendamping orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Selanjutnya, hasil penelitian mendeskripiskan tentang strategi adaptasi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dalam masyarakat Maulafa. Pada kasus adaptasi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dengan masyarakat di kelurahan Maulafa peneliti menemukan bahwa orang dengan HIV/AIDS (ODHA) melakukan penyesuaian secara autoplasis (dibentuk sendiri) yaitu mengubah diri sendiri sesuai dengan keadaan lingkungan.Penyesuain tersebut dilakukan dengan berbagai cara seperti keterbukaan diri kepada orang-orang terdekat dan orang sekitar, mengubah gaya hidup, terlibat dalam kegiatan masyarakat dan mengkonsumsi obat-obtan dari dinas kesehatan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Nicolaus Bureni - Personal Name
Student ID
1403030058
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 BUR S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA