PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENTDIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ALAT INDRA MANUSIA DI KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT PERUMNAS 3 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENTDIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ALAT INDRA MANUSIA DI KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT PERUMNAS 3 KUPANG

XML

ABSTRAK

Orni Panduwal. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Alat Indra Manusia di Kelas IV SD Inpres Bertingkat Perumnas 3 Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing (I) Drs. Gaspar Melo, S.Pd, M. Pd. (II) Netty E.A. Nawa, S.Pd, M. Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar.

Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) merupakan
Model pembelajaran ini merupakan teori belajar kontruktivisme yang berdasarkan pada teori pembelajaran kognitif, dimana para pendidik berfungsi sebagai fasilitator.
Rumusan Masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)“ Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Alat Indra Manusia di Kelas IV SD Inpres Bertingkat Perumnas 3 Kupang?. Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkat Hasil Belajar Siswa Tentang Alat Indra Manusia di Kelas IV SD Inpres Bertingkat Perumnas 3 Kupang.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Inpres Bertingkat Perumnas 3 Kupang. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB berjumlah 18 orang, dengan rincian 10 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I ketuntasan Hasil Belajar siswa adalah 61,11% dan pada siklus II meningkat menjadi 89%. Selisih Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 50%. Hal ini menunjukan bahwa hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indicator keberhasilan di mana ≥80% siswa mendapatkan nilai ≥70. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang alat indra manusia di kelas IV SD Inpres Bertingkat Perumnas 3 Kupang.


Detail Information

Item Type
Penulis
Orni Panduwal - Personal Name
Student ID
1601140288
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ni P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA