Pengaruh Penerapan Metode Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VI SD Inpres Oesapa

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Metode Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VI SD Inpres Oesapa

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah pemilihan metode yang kurang membangkitkan semangat siswa dan penyampaian materi secara monoton membuat siswa menjadi tidak tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini menyebabkan rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran serta kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan metode Think Pair and Share terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VI SD Inpres Oesapa. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Oesapa Kupang pada tahun ajaran 2020/2021. Model penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dan peneliti memilih desain penelitian Quasi Experiment Design dengan jenis pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SD Inpres Oesapa pada tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri atas 115 orang yang terbagi menjadi 4 kelas. Pengambilan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik Random Sampling (acak kelas). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa. Kelas VI B sebagai kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share dan kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Metode teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan metode angket. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan sebesar 16,580 dan sebesar 2,05183 sehingga hasilnya yang artinya diterima dan ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh Adanya pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Think Pair and Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VI SD Inpres Oesapa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Think Pair and Share


Detail Information

Item Type
Penulis
Ria Aritha Totos - Personal Name
Student ID
1601140031
Dosen Pembimbing
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tot P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA