Skripsi
Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap (Studi Pada Hotel Ramayana Kabupaten Malaka)
XMLPenelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pertumbuhan hotel di Malaka yang tinggi yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah wisatawan yang seimbang. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi jumlah pengunjung yang menginap di hotel. Penyedia layanan perhotelan harus menyiapkan strategi terbaik untuk menarik konsumen, karena dengan munculnya hotel-hotel baru maka konsumen menjadi semakin memiliki banyak pilihan. Hotel Ramayana Betun merupakan salah satu hotel yang terkena imbas dari ketidakseimbangan tersebut. Dapat dilihat dari terus turunnya jumlah pengunjung yang menginap di hotel sejak tahun 2020 karena terjadinya Covid-19 yang membuat masyarakat harus isolasi diri dirumah untuk mengurangi angka yang terpapar Covid-19. Masalah dalam penelitian ini adalah “faktor-faktor apa yang mempengaruhi keputusan seseorang menginap di Hotel Ramayana Betun”. Yang secara khusus difokuskan pada dua variabel yaitu fasilitas dan kualitas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mempelajari pengaruh kedua variabel tersebut dalam mempengaruhi pengambilan keputusan menginap pada Hotel Ramayana Betun.
Setelah melakukan kajian literature dan penyusunan hipotesis, data yang dilakukan melalui kuesioner pada 100 tamu Hotel Ramayana Betun yang diperoleh menggunakan teknik sampling sitematis. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regreresi linear berganda. Analisis ini mencakup analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik melalui uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi:
Y= 0,327 + 0,338 (X1) + 0,598 (X2)
Dimana variabel pengambilan keputusan (Y), fasilitas (X1), dan kualitas layanan (X2) diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen berpengaruh signigikan terhadap pengambilan keputusan menginap sebagai variabel dependen. Kemudian melalui uji F menunjukan bahwa variabel fasilitak dan kualitas layanan yang tepat untuk menguji variabel pengambilan keputusan menginap. Angka Adjisted R squaresebesar 0,875 menunjukan bahwa 87,5% variabel pengambilan keputusan menginap dapat dijelaskan melalui kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 12,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci: Fasilitas, Kualitas layanan dan Pengambilan Keputusan.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
LIBRATA RITA NAHAK - Personal Name
|
Student ID |
1803020015
|
Dosen Pembimbing |
ABAS KASIM - 196004141988031008 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Abas Kasim - 196004141988031008 - Ketua Penguji
Ricky Ekaputra Foeh - 197810252009121002 - Penguji 1 Elly Lay - 196205151989011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |