Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya dan Gerak di Kelas IV SDN Oenoni, Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya dan Gerak di Kelas IV SDN Oenoni, Kabupaten Kupang

XML

Skripsi oleh Riyana Ade Irma Maiben,Nim 1601140300 program studi pendidikan guru sekolah dasar tahun 2021 “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya Dan Gerak di kelas IV SDN Oenoni kabupaten kupang”. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa tentang gaya dan gerak di kelas IV SDN Oenoni?.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model model Sproblem based learning terhadap hasil belajar siswa tetntang gaya dan gerak di kelas IV SDN Oenoni. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan eksperimental design yang dalam penelitiannya menggunakan one group pretest dan posstest. Analisis data ini bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menggambarkan dan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Oenoni dengan rincian laki-laki 11 dan perempuan 12.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan teknik tes dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas,uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif tentang pengaruh model problem based learning tentang terhadap hasil belajar siswa tentang gaya dan gerak di kels V SDN Oenoni. Dengan menggunakan uji hipotesis atau uji t dengan taraf signifikan 5% dan db=22=2,047 dengan syarat jika thitung lebih besar ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dan dapat diketahui bahwa hasil uji hipotesis menggunakan t test diperoleh harga thitung 9,847 sedangkan harga ttabel 2,047 hal ini menunjukn bahwa thitung lebih besar dari ttabel, maka dapat dismpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi gaya dan gerak di SDN Oenoni dinyatakan diterima. Kata kunci : model problem based learning dan hasil belajar,penelitian kuantitatif


Detail Information

Item Type
Penulis
Riyana Ade Irma Maiben - Personal Name
Student ID
1601140300
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA