PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH TENTANG CARA BERPIKIR SINKRONIK DAN DIAKRONIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 AMANUBAN TENGAH

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH TENTANG CARA BERPIKIR SINKRONIK DAN DIAKRONIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 AMANUBAN TENGAH

XML

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa tentang cara berpikir kronologis dan sinkronik dalam mempelajari sejarah dengan menerapkan metode pembelajaran Flipped classroom bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Amanuban Tengah dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan merupakan sebuah proses perbaikan dan penyempurnaan terhadap seluruh kemampuan dan potensi yang ada pada diri manusia. Hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Amanuban Tengah masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain guru menggunakan metode belajar secara monoton. Faktor lain dari siswa yaitu motivasi belajar siswa rendah. Guru hendaknya memilih metode yang tepat sehingga merangsang siswa untuk lebih aktif dalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada sub-bab terbentuknya tentang cara berpikir kronologis dan sinkronik dalam mempelajari sejarah bagi siswa perlu menggunakan metode pembelajaran Flipped classroom. Dengan menggunakan metode pembelajaran Flipped classroom, hasil pembelajaran dapat meningkat. Siswa dapat adalah di meminimalkan pengajaran langsung dari guru, dalam proses belajar sebelumnya sisiwa mempelajari materi pelajaran di rumah, kegiatan belajar mengajar di kelas hanya menyelesaikan pengerjaan tugas, berdiskusi tentang materi yang belum dipahami saat belajar dirumah.. Berdasarkan hasil keseluruhan tersebut dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa adanya peningkatan yang dapat di lihat dari presentase keberhasilan belajar yaitu dari 30 peserta didik yang mencapai KKM berjumlah 13 orang dengan presentase (43.33%) pada siklus I, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 29 orang atau (96,66%), sedangkan siswa yang nilainya dibawa KKM berjumlah 17 orang atau (56,66%) pada siklus I, menurun pada siklus II menjadi 1 orang peserta didik yang tidak memenuhi KKM dengan presentase (3,33%) dan rata-rata nilai pada siklus I (7,08%) meningkat menjadi (79%) pada siklus II. Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 52,85% pada siklus I, meningkat dengan angka 97,14% pada siklus II. Pengamatan terhadap kegiatan kinerja guru juga mengalami peningkatan dari siklus I 66,15% menjadi 98,46% pada siklus II.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Pembelajaran; Metode; Flipped Classroom


Detail Information

Item Type
Penulis
TOMY DENILSON TASUIB - Personal Name
Student ID
1701090085
Dosen Pembimbing
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 1
FRANSINA APRILYSE NDOEN - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Penguji 1
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
prodi sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Uib P
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA