Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Kelas Xi Sma Negeri 1 Ruteng-Anam

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Kelas Xi Sma Negeri 1 Ruteng-Anam

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS I dengan menggunakan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ruteng-Anam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang terdiri dari 30 orang. Prosedur penelitian dalam penelitian ini adalah siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil analisis tes hasil belajar pada metode demonstrasi di SMA Negeri 1 Ruteng-Anam mengalami peningkatan terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan nilai rata-rata post-tes pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 10 (33,33%) siswa yang memperoleh hasil belajar tuntas dan 20 (66,66%) siswa yang memperoleh hasil belajar belum tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat 28 (93,33%) siswa yang memperoleh hasil belajar tuntas dan 2 (6,66%) siswa yang belum tuntas. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ruteng-Anam dari siklus I siklus ke siklus II tidak terlepas dari kinerja siswa dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga hasil belajar siswa sesuai yang ditargetkan peneliti untuk mencapai ketuntasan hasil belajar siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701090049
Dosen Pembimbing
Joni J. A. Ninu,M.Pd. - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Nil P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA