Skripsi
Analisis Penguasaan Konsep Fisika Pada Materi Suhu dan Kalor Pasca Pembelajaran Online di Kelas XI SMA Negeri 12 Kota Kupang
XMLAbstrak AnalisisPenguasaanKonsepFisikaPadaMateriSuhuDanKalordiKelasXI SMANegeri12KotaKupang Oleh: AlfaniKareriHara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan konsep fisika pada materi suhu dan kalor siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kota Kupang. Penguasaan konsep yang baik akan memicu dan menunjukkan hasil belajar yang baik dan membangun ilmu pengetahuan yang baik. Oleh karena itu, penguasaan konsep dalam pemecahan masalah fisika sangat layak dikaji dari segi manapun. Dalam penelitian ini guru dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi suhu dan kalor yang telah diajarkan sebagai refleksi pembaharuan padapembelajaranberikutnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif dapat menjelaskan atau menjabarkan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi saat ini dengan menerapkan prosedur ilmiah untuk menjawab masalah secara aktual. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes diagnostik Two-Tier Multiple Choice dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kota Kupang. Dalam penelitian ini, peserta didik mengerjakan soal tes diagnostik sebanyak 15 butir soal, hasil tes dikelompokkan sesuai tingkat hasil penguasaan konsep kategori dari Ozmen (2008), selanjutnya hasil tes dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan menggunakan kriteria penguasaan konsepdariArikunto(2008). Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 3 peserta didik pada kategori sangat rendah dengan persentase 15%, 6 peserta peserta didik pada kategori rendah dengan persentase 30%, 11 peserta didik berada pada kategori sedang dengan persentase 55%, serta kategori tinggi dan sangat tinggi dengan persentase 0%. Dengan demikian, penguasaan konsep fisika yang dimiliki oleh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kota Kupang dinyatakan berada pada kategori sedangdenganpersentase55%.
Kata Kunci : Penguasaan konsep, suhu dan kalor, tes diagnostik Two-Tier MultipleChoice
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Alfani Kareri Hara - Personal Name
|
Student ID |
1901050057
|
Dosen Pembimbing |
VINSENSIUS LANTIK - 197901292008121001 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
I W Sukarjita - 196807151994031002 - Ketua Penguji
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 HAR A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |