Tinjauan Kriminologi Terhadap Kasus Pemerkosaan Anak Di Kabupaten Sabu Raijua

Detail Cantuman

Skripsi

Tinjauan Kriminologi Terhadap Kasus Pemerkosaan Anak Di Kabupaten Sabu Raijua

XML

Kejahatan pemerkosaan merupakan suatu tindakan criminal berwatak seksual yang menjadi korban adalah perempuan dewasa maupun anak di bawah umur. Tindakan demikian sangat mempengaruhi perkembanga psikologi terhadap anak dan menimbulkan trauma semur hidup.Tindak pidana pemerkosaan terhadap anak ini merupakan salah satu masalah sosial yang sangat merugikan dan meresahkan masyarakat sehingga dipandang penting untuk bisa di tanggulangi secara tepat dan cepat.Oleh karena itu, hal ini perlu mendapatkan perhatian dari masyarakat, pemerintah, dan aparat penegak hukum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah faktor penyebab terjadinya pemerkosaan terhadap anak di Kabupaten Sabu Raijua? dan(2) Bagaimanakah upaya yang dilakukan aparat penegak hukum di Kabupaten Sabu Raijua dalam menanggulangi kasus tindak pidana pemerkosaan terhadap anak?
Jenis penelitian ini yaitu penelitian yuridis empiris. Adapun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang di peroleh dari hasil studi lapangan dengan wawancara dengan Kanit Satuan reskrim PPA Kepolisian di Polres Sabu Raijua.Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan.
Hasil Penelitian mengambarkan bahwa pelaku melakukan tindak tindak pidana pemerkosaan untuk pemuasan seksual disebabkan oleh beberapa faktot: keluarga, kebutuhan seksual, pendidikan moral, ilmu teknologi dan lingukungan. Upaya penanggulangan yang dilakukan oleh Kepolisian ResortSabu Raijua dan pihak- pihak terkait diantaranya melakukan sosialisasi dan patroli di tempat-tempat yamg rawan.

Kata kunci: Faktor penyebab, pemerkosaan anak, upaya penanggulangan


Detail Information

Item Type
Penulis
Dominggus Riwu Lappa - Personal Name
Student ID
1802010084
Dosen Pembimbing
ADRIANUS DJARA DIMA - 196604071990031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Ketua Penguji
Adrianus Djara Dima - 196604071990031001 - Ketua Penguji
Deddy R Ch Manafe - 197102141998021001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LAP T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA