PELAKSANAAN OTONOMI DESA DI KECAMATAN ADONARA BARAT, KABUPATEN FLORES TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PELAKSANAAN OTONOMI DESA DI KECAMATAN ADONARA BARAT, KABUPATEN FLORES TIMUR

XML

ABSTRAK

Pelaksanaan Otonomi Desa Di Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur
Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana Kupang. Casirimus Ama Raya Hurung. Dibimbing oleh Kotan .Y. Stefanus. dan Rafael R. Tupen.

Otonomi desa merupakan otonomi yang asli, bulat dan utuh serta bukan pemberian dari pemerintah. Sebaliknya pemerintah berkewajiban menghormati otonomi asli yang dimiliki desa tersebut, sebagai kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai susunan asli berdasarkan hak istimewa, desa dapat melakukan perbuatan hukum baik hukum publik, maupun hukum perdata, memiliki kekayaan harta benda, serta dapat dituntut dan menuntut dimuka pengadilan.

Rumusan masalah yaitu: (1)Sejauh manakah pelaksanaan Otonomi Desa di Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur? (2) Apakah pelaksanaan otonomi desa mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat desa di Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur
.
Metode penelitian ini menggunakan Yuridis deskriptif kualitatif, komperhensif, dan lengkap untuk memberikan data secara bermutu dan mendalam sesuai dengan lingkup penelitian serta tidak ada bagian yang terlupakan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan/dokumen.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan: (1) Pelaksanaan otonomi desa di kecamatan Adonara Barat kabupaten flores Timur sejauh ini belum di laksanakan dengan baik. (2) Proses pelaksanaan otonomi desa belum sepuhnya nmendukung peningkatan kesejatraan masyarakat desa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan dan disarankan sebagai berikut: Pelaksanaan otonomi desa di Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur belum berjalan secara optimal, dan masih banyak desa yang belum begitu tahu tentang otonomi desa ;Pelaksanaan otonomi desa di Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur demi tercapainya kesejahteraan masyarakat belum sepenuhnya terpenuhi karena masih kurangnya tingkat pendidikan masyarakat, belum maksimalnya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dan perekonomian masyarakat masih sangat minim.

Saran: Pemerintah daerah Kabupaten Flores Timur seharusnya melakukan peningkatan sumber daya manusia terkait dengan aparatur desa dan pengembangan pengetahuan masyarakat, sehingga mendapatkan wawasan yang luas. Kepala desa dan aparatur desa harus lebih memperhatikan kemajuan desa dalam aspek pembangunan di desa sehingga dapat memenuhi kebutuhan desa demi terciptanya masyarakat yang sejahtera.

Kata kunci: Pelaksanaan Otonomi desa, Peningkatan kesejateraan, masyarakat desa


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1702010025
Dosen Pembimbing
Kotan Y. Stefanus - 196012271987021001 - Dosen Pembimbing 1
Rafael R. Tupen, S.H., M.Hum - 196404201992031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rafael R Tupen, S.H.,M.Hum. - 19640420 199203 1 001 - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju, S.H.M.H - 19610428198901001 - Ketua Penguji
Dr. Kotan Y Stefanus,S.H., M.Hum - 196012271987021001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 HUR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA