ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD INPRES OEBUFU KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD INPRES OEBUFU KOTA KUPANG

XML

Analisis Faktor-Faktor Penghambat Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di SD Inpres Oebufu Kota Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing: (I) Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc. (II) Sarah Nurhabibah, S.Pd., M.Pd. Ndolu, Melkianus. 2022.

Matematika merupakan ilmu universal yang mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia, serta mendasari perkembangan teknologi modern. Oleh karena itu, mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik dari jenjang Sekolah Dasar hingga sekolah lanjutan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penghambat guru dalam pembelajaran matematika dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor penghambat guru dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar Inpres Oebufu, Kota Kupang.

Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Oebufu, dengan narasumber sebanyak 3 orang guru wali kelas. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti sebagai instrument utama yang berperan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. dan keabsahan data menggunakan Triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor penghambat guru dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, ada sarana prasarana yang belum cukup dan harus dibuat sendiri oleh guru dan lingkungan keluarga dan tempat tinggal yang kurang mendukung minat dan motivasi siswa untuk belajar di rumah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor penghambat guru dalam pembelajaran matematika yaitu setiap memulai pelajaran guru memberikan semangat dan memotivasi siswa agar fokus dalam belajar, memberikan pemantapan dalam kajian materi dan menyediakan media yang cukup.

Kata Kunci: Faktor-faktor Penghambat Guru dan Pembelajaran Matematika.


Detail Information

Item Type
Penulis
Melkianus Ndolu - Personal Name
Student ID
1701140023
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
SARAH NURHABIBAH,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Ndo A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA