Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Konsep Mol Dan Rumus Kimia Menggunakan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Di SMA Negeri 5 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Konsep Mol Dan Rumus Kimia Menggunakan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Di SMA Negeri 5 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persentase miskonsepsi peserta didik pada materi konsep mol dan rumus kimia serta tiap-tiap sub konsep pada materi konsep mol dan rumus kimia yang terdapat miskonsepsi dan penyebabnya di kelas XI-C SMA Negeri 5 Kupang. Miskonsepsi diukur menggunakan instrumen four-tier diagnostic test. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain yang digunakan yaitu explanatory sequential design. Sampel dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI-C SMAN 5 Kupang yang berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes diagnostik four-tier multiple choice, lembar angket pedoman wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI-C SMAN 5 Kupang mengalami miskonsepsi pada materi konsep mol dan rumus kimia dengan persentase 41,56% yang tergolong dalam miskonsepsi sedang. Miskonsepsi signifikan teridentifikasi pada 5 sub konsep dengan persentase masing-masing sub konsep yaitu: (1) Massa Atom Relatif dan Massa Molekul Relatif sebesar 18,75%; (2) Perhitungan Konsep Mol sebesar 24,99%; (3) Penyetaraan Reaksi sebesar 21,87%; (4) Rumus Empiris dan Rumus Molekul sebesar 18,75%; (5) Senyawa Hidrat sebesar 23,43%. Masing-masing sub konsep memilikii skor rata-rata CR (confidence rating) di atas 4,00. Miskonsepsi peserta didik disebabkan oleh 5 faktor berdasarkan data angket dan wawancara dengan persentase masing-masing penyebab yaitu: (1) Peserta didik sebesar 35,416%; (2) Guru sebesar 6,25%; (3) Metode pembelajaran sebesar 25,78%; (4) Konteks mengajar sebesar 13,125%; (5) Buku teks sebesar 20%.
Kata kunci:
1. Miskonsepsi
2. Tes diagnostik
3. Four-tier multiple choice
4. Konsep mol dan rumus kimia


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIANA CARVALHO - Personal Name
Student ID
2001060074
Dosen Pembimbing
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kasimir Sarifudin - 197406062005011002 - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1
Heru Christianto - 19921213 201903 1 011 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 CAR A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA