Skripsi
Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Konsep Mol Dan Rumus Kimia Menggunakan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Di SMA Negeri 5 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persentase miskonsepsi peserta didik pada materi konsep mol dan rumus kimia serta tiap-tiap sub konsep pada materi konsep mol dan rumus kimia yang terdapat miskonsepsi dan penyebabnya di kelas XI-C SMA Negeri 5 Kupang. Miskonsepsi diukur menggunakan instrumen four-tier diagnostic test. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain yang digunakan yaitu explanatory sequential design. Sampel dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI-C SMAN 5 Kupang yang berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes diagnostik four-tier multiple choice, lembar angket pedoman wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI-C SMAN 5 Kupang mengalami miskonsepsi pada materi konsep mol dan rumus kimia dengan persentase 41,56% yang tergolong dalam miskonsepsi sedang. Miskonsepsi signifikan teridentifikasi pada 5 sub konsep dengan persentase masing-masing sub konsep yaitu: (1) Massa Atom Relatif dan Massa Molekul Relatif sebesar 18,75%; (2) Perhitungan Konsep Mol sebesar 24,99%; (3) Penyetaraan Reaksi sebesar 21,87%; (4) Rumus Empiris dan Rumus Molekul sebesar 18,75%; (5) Senyawa Hidrat sebesar 23,43%. Masing-masing sub konsep memilikii skor rata-rata CR (confidence rating) di atas 4,00. Miskonsepsi peserta didik disebabkan oleh 5 faktor berdasarkan data angket dan wawancara dengan persentase masing-masing penyebab yaitu: (1) Peserta didik sebesar 35,416%; (2) Guru sebesar 6,25%; (3) Metode pembelajaran sebesar 25,78%; (4) Konteks mengajar sebesar 13,125%; (5) Buku teks sebesar 20%.
Kata kunci:
1. Miskonsepsi
2. Tes diagnostik
3. Four-tier multiple choice
4. Konsep mol dan rumus kimia
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIANA CARVALHO - Personal Name
|
Student ID |
2001060074
|
Dosen Pembimbing |
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Kasimir Sarifudin - 197406062005011002 - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1 Heru Christianto - 19921213 201903 1 011 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 CAR A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |