Pengaruh Penerapan Game Quiz Race Menggunakan Media Quizwhizzer Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Game Quiz Race Menggunakan Media Quizwhizzer Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 2 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan Game Quiz Race menggunakan media QuizWhizzer terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMA Negeri 2 Kupang 2) pengaruh penerapan Game Quiz Race menggunakan media QuizWhizzer terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMA Negeri 2 Kupang 3) korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XI saat menerapkan Game Quiz Race menggunakan media QuizWhizzer pada materi laju reaksi di SMA Negeri 2 Kupang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini mencakup siswa kelas XI yang mempelajari kimia di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, sehingga ditetapkan kelas XI 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas tes hasil belajar dan angket motivasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney, Independent Sampel t-test, dan korelasi Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar dan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 69,58 sedangkan kelas kontrol sebesar 56,94. Adapun rata-rata motivasi belajar kelas eskperimen adalah 49,58 sementara di kelas kontrol adalah 43,11. Selain itu, terdapat korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,04. Oleh karena itu, disimpulkan penerapan Game Quiz Race menggunakan media QuizWhizzer lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dibandingkan media Google form.
Kata kunci: Game Quiz Race, media Quizwhizzer, hasil belajar, motivasi belajar, laju reaksi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DELIANA SULASTI MUN - Personal Name
Student ID
2101060079
Dosen Pembimbing
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 1
DAUD DAKABESI - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Heru Christianto - - Ketua Penguji
DAUD DAKABESI - - Penguji 1
Kasimir Sarifudin - 197406062005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 MUN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA