Pengaruh Penggunaan Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 2 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran Quizizz paper mode terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA Negeri 2 Kupang, serta mengidentifikasi hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Kelas XI-7 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-5 sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, tes, angket motivasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Quizizz paper mode berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Sig. 0,008 ≤ 0,05) dan motivasi belajar siswa (Sig. 0,00 ≤ 0,05). Uji hipotesis ketiga menunjukkan adanya hubungan positif dengan kategori sedang antara motivasi dan hasil belajar siswa (Sig. 0,005 ≤ 0,05; Pearson correlation = 0,455). Dengan demikian, media pembelajaran Quizizz paper mode terbukti efektif meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. Selain itu, hubungan positif yang ditemukan mengindikasikan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik pula hasil belajar yang dicapai.

Kata Kunci: Quizizz Paper Mode, Kesetimbangan Kimia, Hasil Belajar, Motivasi Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELISABETH MAURE - Personal Name
Student ID
2101060081
Dosen Pembimbing
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 1
KASIMIR SARIFUDIN - 197406062005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
DAUD DAKABESI - - Ketua Penguji
Kasimir Sarifudin - 197406062005011002 - Penguji 1
Heru Christianto - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 MAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA