Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran “Quizwhizzer” Berbasis Game Race Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X Di SMA Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran “Quizwhizzer” Berbasis Game Race Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X Di SMA Negeri 2 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Quizwhizzer Berbasis Game Race Terhadap Hasil Belajar, motivasi belajar dan korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Periodik Unsur Kelas X di SMA Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitiannya Quasi Experiment. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan X.3 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini akan diterapkan media pembelajaran Quizwhizzer berbasis Game Race pada kelas eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan uji statistik berbantuan program SPSS windows 25. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample t-test terhadap hasil belajar siswa didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,005<0,05 kemudian hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa didapatkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000<0,05 sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran Quizwhizzer berbasis Game Race. Selanjutnya dilakukan uji korelasi Pearson Product Moment sebesar 0,001<0,05 sehingga terdapat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran Quizwhizzer berbasis Game Race terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi Sistem Periodik Unsur kelas X di SMA Negeri 2 Kupang.
Kata Kunci : Game Race, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Sistem periodik Unsur, Quizwhizzer.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA MONALISA TEY SERAN - Personal Name
Student ID
2101060089
Dosen Pembimbing
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 1
DAUD DAKABESI - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd. - 19921213 201903 1 011 - Ketua Penguji
DAUD DAKABESI - - Penguji 1
Kasimir Sarifudin, S.Si.,M.Si. - 19740606 200501 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 SER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA