Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA/MA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA/MA

XML

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui wujud pengembangan video pembelajaran yang dihasilkan berbasis Animaker pada materi kesetimbangan kimia di SMA/MA dan untuk mengetahui kelayakannya. Video pembelajaran berbasis animaker dibuat menggunakan Animaker.com, Microsoft PowerPoint dan aplikasi VN (Vlog Now). Pegembangan video pembelajaran berbasis animaker yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini dilakukan mengikuti alur atau langkah-langkah model rancangan dari Sugiyono dengan sedikit penyesuaian. Prosedur yang ditempuh untuk menghasilkan produk dibagi menjadi 8 tahap, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk (skala kecil), (7) revisi produk, (8) uji coba produk (skala besar). Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan uji coba produk baik dalam skala kecil maupun skala besar dilakukan pada siswa kelas XII SMA, tetapi sebelum melakukan uji kelompok kecil, terlebih dahulu melakukan uji ahli yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan masing-masing 87,71% untuk ahli materi dan 92,35% untuk ahli media. Hasil penilaian uji kelompok kecil terhadap video pembelajaran berbasis animaker ini sangat baik dengan persentase keidealan 100%, sedangkan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis animaker ini sangat baik dengan persentase keidealan 100%. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan yang terdiri atas uji kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis animaker pada materi kesetimbangan kimia kelas XII untuk SMA/MA ini layak digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Animaker.com, Microsoft PowerPoint dan aplikasi VN (Vlog Now)


Detail Information

Item Type
Penulis
Rifaldo Landu Praing - Personal Name
Student ID
1701060037
Dosen Pembimbing
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
H CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Ketua Penguji
H CHRISTIANTO - 196503221992031001 - Ketua Penguji
Kasimir Sarifudin - 197406062005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN KIMIA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 Pra P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA