Skripsi
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA/MA
XMLPenelitian ini bertujuan Untuk mengetahui wujud pengembangan video pembelajaran yang dihasilkan berbasis Animaker pada materi kesetimbangan kimia di SMA/MA dan untuk mengetahui kelayakannya. Video pembelajaran berbasis animaker dibuat menggunakan Animaker.com, Microsoft PowerPoint dan aplikasi VN (Vlog Now). Pegembangan video pembelajaran berbasis animaker yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini dilakukan mengikuti alur atau langkah-langkah model rancangan dari Sugiyono dengan sedikit penyesuaian. Prosedur yang ditempuh untuk menghasilkan produk dibagi menjadi 8 tahap, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk (skala kecil), (7) revisi produk, (8) uji coba produk (skala besar). Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan uji coba produk baik dalam skala kecil maupun skala besar dilakukan pada siswa kelas XII SMA, tetapi sebelum melakukan uji kelompok kecil, terlebih dahulu melakukan uji ahli yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan masing-masing 87,71% untuk ahli materi dan 92,35% untuk ahli media. Hasil penilaian uji kelompok kecil terhadap video pembelajaran berbasis animaker ini sangat baik dengan persentase keidealan 100%, sedangkan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis animaker ini sangat baik dengan persentase keidealan 100%. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan yang terdiri atas uji kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis animaker pada materi kesetimbangan kimia kelas XII untuk SMA/MA ini layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Animaker.com, Microsoft PowerPoint dan aplikasi VN (Vlog Now)
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Rifaldo Landu Praing - Personal Name
|
Student ID |
1701060037
|
Dosen Pembimbing |
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
H CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Ketua Penguji
H CHRISTIANTO - 196503221992031001 - Ketua Penguji Kasimir Sarifudin - 197406062005011002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PENDIDIKAN KIMIA
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 Pra P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |